Peliput: Darson

BURANGA, BP – Untuk terus menumbuhkan jiwa dan kompetensi, kreativitas dan inovasi kewirausahaan masyarakat Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat menggelar seminar sehari tentang kewirausahaan.
Kegiatan yang di pusatkan di Desa Dampala Jaya Kecamatan Kulisusu Barat (Kulbar), Minggu (27/11) kemarin diikuti 70 orang dari 14 Desa se Kulbar dengan melibatkan akademisi sebagai pemateri dari Unidayan Baubau yakni Dekan Fakultas Ekonomi, Sulhan.
Ketua KNPI Butur Rahman menerangkan kalau pemateri dari Unidayan ini lebih banyak menjelaskan tentang keilmuan dalam berwirausaha, apa-apa yang menjadi faktor kesuksesan dalam berwirausaha.
“Jadi kita datangkan langsung akademisi yang dibidang kewirausahaan,” terang Rahman, ketika ditemui di kediamannya, Senin (28/11).
Selain itu, dihadirkan juga pengusaha lokal Waode Nurmila salah satu direktris perusahaan yang bergerak dibidang agen perminyakan. Pengusaha ini lebih banyak menjelaskan motivasi-motivasi dalam berwirausaha dan kiat-kiat dalam mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.
Kemudian dari Disperindag Butur sendiri lebih banyak mengungkapkan terkait mekanisme dalam pengurusan legalitas usaha.”Disperindag juga akan selalu hadir dalam mendukung dan mensukseskan usaha-usaha ekonomi masyarakat baik itu dalam bentuk program maupun dalam pengurusan legalitas,”ujar Rahman yang juga sebagai anggota legislatif Butur.
Pada kegiatan ini juga, KNPI Butur ini ikut melibatkan perbankan yakni perwakilan BRI Unit Ereke. “Perwakilan BRI banyak menjelaskan mekanisme dalam pengkreditan sebagai penambahan modal dalam wirausaha,”ucap dia.
Dengan adanya kegiatan tersebut, politisi PKB ini mengharapkan jiwa kewirausahaan masyarakat semakin meningkat dan termotivasi untuk selalu berkarya dalam berwirausaha.”Kita berkomitmen bagaimana jiwa usaha terpatri dalam pemikiran masyarakat,” tegasnya.
Menurutnya, Butur sendiri merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam (SDA). Dengan adanya kekayaan itu, tinggal bagaimana dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri. Tentunya, sebagai organisasi kepemudaan KNPI akan selalu berjuang untuk mensukseskan peningkatan perekonomian masyarakat.
“Makanya program KNPI sendiri akan membangunkan jiwa usaha dan pola pikir masyarakat untuk selalu memanfaatkan keunggulan daerah sendiri, yah caranya berwirausaha,”tutur mantan dosen ini.(*)