BAUBAU, BP- TK Widya Kumara didominasi siswa beragama Hindu. Dari 60 jumlah siswa keseluruhan, tercatat hanya sebanyak lima orang anak beragama Islam.

Meski demikian, ikatan silaturahim antar sesama pelajar terjalin dengan baik, tak hanya dilingkungan sekolah melainkan juga dilingkungan masyarakat.

Saat dikonfirmasi Baubau Post pada Rabu (11/03), Kepala TK Widya Kumara Susi Suwarsih SPd Aud saat mengungkapkan bahwa di dalam aspek pendidikan, pihaknya menjunjung tinggi nilai toleransi beragama. Artinya, dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas tidak ada berbedaan antar siswa, karena semua dinilai sama oleh guru pembina.

” Pada saat mereka berdoa tidak digabung, namun biasanya di dahulukan yang non muslim barulah setelah itu yang muslim. Sehingga tidak ada yang saling tumpah tindi,” jelasnya.

Tak hanya teruntuk guru, kata Susi, pihak sekolah juga mengajarkan siswa untuk saling menghormati antar sesamanya. Selain itu, ia juga memberikan hak siswa untuk melaksanakan ibadah, berdoa, bersikap, serta melakukan kebiasaan yang dianut oleh agama dan kepercayaan masing-masing.

” Kalau kita, selalu memperbiasakan siswa untuk memberikan salam baik muslim maupun non muslim agar mereka selalu saling menghargai. Selain itu, kalau setiap Hari Raya Agama Hindu kan selalu diliburkan, maka otomatis siswa islam juga ikut diliburkan,” pungkasnya. (#)

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest