BAUBAU, BP – Dinas Perhubungan (Dishub) mencatat, hingga saat ini total lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) mencapai 2900 unit yang terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Baubau. Namun belum seluruhnya ruas jalan diterangi lampu PJU.

Kepala Bidang Prasarana Dishub Baubau Nasrun menjelaskan, tahun lalu di kawasan jalan raya Palagimata telah terpasang sekitar 61 unit lampu PJU. Anggarannya mencapai Rp 1 miliar yang berasal dari APBD.

“Untuk tahun ini juga ada pengadaan lampu jalan karena ada beberapa ruas jalan yang belum punya PJU, misalnya di belakang kantor Dinas Kesehatan, SDN 1 Wajo hingga ke Lawana Sambali yang menuju Baadia juga belum memiliki PJU permanen,” jelasnya saat ditemui belum lama ini.

Namun pihaknya belum dapat merincikan total mata lampu yang akan dipasang seluruhnya, karena masih ada usulan untuk menggunakan lampu otomatis.

Salah satu lampu jalan di kawasan Benteng Keraton Buton

Selain itu untuk kendala sering padamnya lampu PJU di Kota Baubau penyebabnya bervariasi. Ada yang karena faktor alam, hingga adanya ulah orang jahil yang sengaja menekan tombol off lampu jalan.

“Kalau terkait lampu jalan di Unidayan salah satu kendalanya itu, mungkin mereka tidak terlalu senang dengan terang,” sebutnya.

Pernah juga kata dia, ada dahan pohon patah yang menyebabkan kabel lampu PJU putus. Untungnya hal ini segera diantisipasi oleh petugas PJU Dishub Baubau.

Selain itu juga, karena padamnya sumber listrik dari PLN atau karena faktor cuaca. Sementara untuk pemadaman PJU juga bervariasi ada yang otomatis, manual, hingga menggunakan timer (waktu).

“Salah satunya yang pakai timer, kapan listrik PLN padam biasanya waktu mati dan menyalanya lampu akan bergeser. (**)

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest