Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Untuk mengantisipasi adanya kerugian Negara, Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan Pembangunan dan Daerah (TP4D) yang bekerja sama denga Saber Pungli, menggelar sosialisasi pengawasan kegiatan pembangunan dan Pelayanan masyarakat di lingkup Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Buton.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Buton Drs La Bakry Msi mengatakan, pekerjaan yang dilakukan harus sesuai peraturan perundang undangan. “Penting, bekerja sesuai dengan perundang Undangan agar menghindari kerugian negara dalam mengelola Anggaran APBD maupun APBD,” jelasnya.

Kepala Dinas PU, Rajulan dikonfirmasi Baubau Post usai kegiatan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi mulai dari perencanaan, pengawasan demikian pula para kontraktor yang menangani rekotrunksi. “Supaya kita satu pemahaman tentang fungsi pengawasan yang dilakukan baik dari TP4D ataupun Saber Pungli,” terangnya

Lanjutnya, pada prinsipnya pengawasan dilakukan bukan untuk mencari cari kesalahan, tetapi mengantisipasi lebih awal agar tidak terjadi kesalahan kesalahan didalam Pelaksanaan kegiatan. “yang pada akhirhya juga akan memanimalisir dan bisa menghilangkan kerugian Negara,” Tutupnya

Pada kesempatan itu, Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin SH dan Kasi Pidsus Kejari Buton Firdaus SH, memaparkan peraturan tindak Pidana Korupsi sesuai UUD serta menyampaikan proses pekerjaan yang akan menimbulkan kerugian Negara atau Daerah dan pungli kepada masyarakat.(*)

Pin It on Pinterest