Tim dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra melakukan verifikasi disalah satu Koperasi di Sampolawa

Peliput : Amirul — Editor: Ardi Toris

BATAUGA, BP-Tujuh Koperasi di Kabupaten Buton Selatan telah diverifikasi lapangan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra. Rencananya tujuh koperasi itu bakal mendapatkan tambahan bantuan modal usaha akibat dari dampak Covid19 sebesar Rp 10 juta masing-masing koperasi.

Tim dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra melakukan verifikasi disalah satu Koperasi di Sampolawa
Tim dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sultra melakukan verifikasi disalah satu Koperasi di Sampolawa

Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang bersumber dari APBD Provinsi Sultra tahun 2020.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Buton Selatan La Hardin melalui Kabid Koperasi dan UKM , Muhammad Dafis Kasri,beberapa waktu lau sebanyak 7 koperasi yang berada di Busel telah diverifikasi lapangan oleh tim dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra.

Ia menuturkan, awalnya semua koperasi aktif melalui pengurusnya diminta untuk melengkapi berkas sebagai syarat dari bantuan modal usaha tersebut.

“Namun, sampai batas akhir waktu yang diberikan hanya tujuh koperasi yang melengkapi berkas sebagai syarat administrasi yang diminta. Selanjutnya Kami lanjutkan di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi,”jelas Dafis Karsi saat ditemui belum lama ini di kantor Bupati

Kata dia, tujuh koperasi yang melengkapi berkas tersebut juga didampingi langsung oleh pendamping koperasi yang tugaskan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI di Buton Selatan.

Dafis merinci ketujuh koperasi yang diferivikasi yakni KSU Maimo Jaya Lakambau, KSU Rano Ekspres Lampanairi, KSU Kasoria Pogalampa, KSP Bangun Mandiri, KUD Pasombala Jaya yang berdiri sejak 1996 Mambulu, Koperasi Nelayan Mawambunga Kadatua, KSP Lakarada.

Lanjut dia, setelah di verifikasi ketujuh koperasi tersebut tinggal menunggu penetapan sesuai ketentuan yang ada dan bantuannya diberikan melalui rekening koperasi masing-masiing.

BACA JUGA: 5.253 Pelaku UMKM Busel Diusulkan Dapat Bantuan BLT, Rp 2.4 Juta dari Kementrian Koperasi UKM

“Kami terima kasih kepada Tim dan berharap semua koperasi yang diverifikasi ini memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan modal usaha melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra TA 2020″tuturnya.

Ia menambahkan, adapun syarat yang dipenuhi Koperasi untuk mendapatkan bantuan ini diantaranya; jenis koperasi produsen, konsumen, pemasaran, simpan pinjam dan jasa yang aktif dan telah melaksanakan RAT selama 2 tahun buku. Memiliki Legalitas Surat Keputusan Badan Hukum Koperasi dan Daftar dalam ODS Kementerian Koperasi dan UKM RI. Memiliki akta Badan Hukum Koperasi/Perubahan Anggaran Dasar. “Memilini Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan atai SITU/SIUP. Melampirkan Pas Foto Pengurus (Ketua, Sekretasis dan Bendahara. Memiliki Nomor Rekening Bank Sultra atas nama Koperasi.”tukasnya. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest