Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Upacara detik-detik proklamasi di Kota Baubau tahun ini tidak lagi dilaksanakan di Lapangan Lembah Hijau. Pelaksanaannya dipindahkan ke Halaman Kantor Wali Kota Baubau.

Asisten I Setda Kota Baubau, Rahmat Tuta mengatakan, pemindahan ini karena pelaksanaan upacara menerapkan protokol kesehatan. Peserta upacara dibatasi maksimal 20 orang saja.

Rahmat Tuta

“Mengurangi peserta upacara, sehingga pelaksanaannya diperpendek durasinya hanya 30 menit dan dipercepat pelakasanaannya,” katanya saat ditemui di Gedung DPRD, Jumat (14/08).

Kalau tahun-tahun sebelumnya lanjut Rahmat Tuta, upacara digelar pada pukul 10.00 Wita. Namun kali ini dimajukan menjadi pukul 08.00 Wita.

Selain itu yang berubah dari pelaksanaan upacara tahun ini yakni pada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Jumlahnya dipangkas menjadi tiga orang saja saat penaikan bendera dan tiga saat penurunan bendera.

“Mereka masing-masing berbeda, jadi semuanya enam orang,” sebutnya.

Kemudian pembawa baki tidak lagi mengambil bendera dari inspektur upcara dalam hal ini Wali Kota Baubau, namun bendera tersebut sudah berada di tangan pengibar bendera.

Tahun ini juga Pemkot Baubau meniadakan sejumlah kegiatan seperti lomba, baris-berbaris, malam taptu, maupun malam kenegaraan.

Meski begitu masyarakat dapat tetap berpartisipasi dalam mengisi hari kemerdekaan misalnya memasang bendera dan umbul-umbul, melaksanakan kerja bakti kebersihan agar peringatan HUT RI tetap khidmat. (**)

Pin It on Pinterest