Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Rasa haru terasa begitu kuat dalam kegiatan upacara Tabur Bunga yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama Instansi TNI Polri dan para tokoh lintas agama menggelar upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Murhum Kota Baubau. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penghormatan dan doa atas kepergian 53 kru kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH saat di temui awak media usai menggelar upacara tabur bunga, Rabu (28/04).

” Ini merupakan ungkapan rasa haru dan prihatin atas gugurnya 53 kru kapal Nanggala-402 saat melaksanakan tugas,” ujar AS Tamrin.

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH berperan sebagai inspektur Upacara (kanan), didampingi Danposal Baubau (kiri)

Ia mengatakan, Ia dan Kota Baubau mempunyai kenangan tersendiri dengan KRI Naggala 402. Dimana pada tahun 2013 KRI Naggal pernah singgah di pelabuhan murhum Kota Baubau.

” KRI Naggala ini pernah singgah di Baubau ini dan saya pun diundang untuk masuk dan keliling di dalam kapal itu, baik diruangan kapten, ruang persenjataan. Itu di tahun 2013 saat pertama kali saya menjadi Walikota Baubau dan kenangan itu masih terngiang di diri saya,” ungkapnya.

Olehnya itu melalui acara tabur bunga ini, ia secara pribadi memanjatkan doa agar arwah seluruh kru KRI Manggala-402 Khusnul khotimah dan diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa.

” Kami mengucapkan innalillahi wa innalillahi rojiun, saya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah serta masyarakat Kota Baubau menyatakan belasungkawa dan prihatin yang sedalam-dalamnya atas gugurnya para pahlawan kusuma bangsa,”tutupnya.

Sementara itu Danposal Baubau Letda Laut (T), Pungky Pradita mengucapkan, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 kru kapal selam KRI Nanggala-402 dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Turut hadir Kapolres Baubau (kiri0 dan Dandim 1413 Buton (kedua dari kiri)

Dikatakan, gugurnya 53 kru kapal selam KRI Nanggala-402 juga menjadi pelajaran penting untuk kita semua, bahwa dalam menjaga kedaulatan NKRI dibutuhkan peralatan seperti kapal selam yang cukup dan memadai.

” Dari kawan-kawan yang sudah melaksanakan aksi rakyat dan kepedulian rakyat, saya sangat berterimakasih. Karena memang seperti yang disampaikan oleh pak Prabowo bahwa negara kita banyak yang melirik kekayaannya, jadi mungkin kedepannya dapat menjadi perhatian untuk pengadaan kapal perang yang lebih canggih lagi,” terangnya.

baca juga: Rutin, Majelis Raudah Al Munawarah Berbagi di Bulan Ramadhan

Untuk diketahui pada upacara tabur bung tersebut, Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH berperan sebagai inspektur Upacara, Danposal Baubau berperan sebagai komandan Upacara. Turut hadir Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Candra Tangkari, Dandim 1413/Buton Letkol Inf. Arif Kurniawan, sejumlah tokoh lintas agama dan instasi vertikal Kota baubau lainnya. (*)

Pin It on Pinterest