• Dokter Lukman Curigai pasien Dari Claster Gowa

Peliput: Zaman Adha — Editor: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Sulawesi Tenggara khususnya Kota Baubau, kembali mengalami penambahan pasien positif Covid-19. Sehingga total akumulasi pasien terkonfirmasi positif Kota Baubau menjadi 16 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman SpPD dalam keterangan persnya, Minggu (07/06) mengatakan, pasien 016 merupakan seorang wanita berusia 54 tahun. Laporan hasil pemeriksaan swab pasien tersebut diterima bersama tiga orang lainnya.

“Kami terima hasil PCR (Polymerase Chain Reaction) nya hari ini (kemarin) dan dinyatakan positif. Tiga sampel swab tenggorokan lainnya dinyatakan negatif,” katanya.

Lanjut Lukman, pihaknya mencurigai jika pasien 016 merupakan kluster Gowa. Pasalnya terdapat riwayat salah satu anggota keluarga pasien yang kontak langsung dengan jemaah dari Gowa beberapa waktu lalu.

“Jadi tracking selanjutnya, kemungkinan kepada anggota keluarganya langsung dilakukan swab,” urainya.

Tim evakuator Gugus Tugas Covid-19 melakukan penjemputan pasien 016 untuk diisolasi di RSUD Kota Baubau. Namun jika perkembangan pasien baik dan tetap tidak bergejala, maka akan diarahkan ke rumah sehat terpusat di kawasan perumahan BTN Palagimata.

“Jika rumah sehat terpusat telah siap, dalam artian petugas kesehatannya sudah di workshop untuk bertugas di rumah sehat, kemungkinan pasiennya diarahkan ke sana,” paparnya.

Pihaknya juga terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, menggunakan masker saat keluar rumah, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kemudian dengan adanya kebijakan New Normal atau kenormalan baru, pihaknya akan melakukan survei terhadap rumah ibadah, ruang publik, maupun sekolah. Dengan begitu Gugus Tugas akan mendapat data-data akurat tentang penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut.

“Mulai dibukanya tempat ibadah, kami sangat berharap kepada pengurus tempat ibadah untuk mengingatkan jemaahnnya agar ketat dalam penerapan protokol kesehatan,” harapnya.

Selain itu, dokter spesialis penyakit dalam tersebut juga memaparkan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Baubau sebanyak 74 orang, Pasien Dalam Pegawasan (PDP) tiga orang, dan Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 12 orang. Sementara untuk pasien sembuh belum ada penambahan, sehingga masih ada 13 orang yang menjalani perawatan. (**)

Pin It on Pinterest