Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP – Sukseskan program Vaksinasi Covid-19 terhadap Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Baubau, Puskesmas Lakologou menargetkan 56 Nakes di lingkup kerjannya akan menerima vaksinasi. Dari pemberian vaksinasi tahap I dan tahap II kepada Nakes, target pencapaian vaksinasi mencapai 91 dari jumlah sasaran dikarenakan bebepa kondisi Nakes yang tidak memungkinkan untuk menerima vaksinasi.

Kapus Lakologou Azafudin, SKM

” Sasaran awalnya kami 56 Nakes termasuk tenagan honorer di Lingkup Puskesmas Lakologou dan pada tahap satu ada 41 orang dimana pada tanggal 4 kami lakukan vaksinasi kepada 27 Nakes, dilanjutkan tanggal 5 sebanyak 4 Nakes dari RS Siloam, tanggal 8 sebanyak enam Nakes, tanggal 15 sebanyak satu Nakes, tanggal 16 juga satu Nakes dan pada tanggal 17 sebanyak dua Nakes jadi total pada tahap satu ada 41 Nakes.” kata Kapus Lakologou Azafudin, SKM, Saat di temui Media, (Jumat( 19/02).

Dikatakan, pada vaksinasi tahap II ini selain akan melakukan vaksinasi kepada 41 Nakes, pihaknya juga akan melakukan vaksinasi tahap I kepada empat Nakes, dimana satu merupakan Nakes baru dan tiga Nakes lainnya masuk dalam kategori ibu menyusui dan di perbolehkan berdasarkan aturan baru yang memperbolehkan ibu menyusui untuk menerima vaksinasi Covid-19.

” Vaksinasi Tahap II ini di berikan sesuai jadwal 14 hari pasca menerima vaksinasi tahap I,” ujarnya.

Lanjut, dari target vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Lakologou, ada lima Nakes yang memang tidak bisa menerima vaksin karena kondisi tubuhnya yang tidak memungkinkan, yakni dua Nakes yang homorbid dan tiga Nakes yang tengah hamil.

” Jadi secara epidomologi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas telah 100 persen, namun secara target sasaran tadi kami mencapai 91 persen dan sudah di atas target nasional yakni 75 persen,” terangnya.

baca juga: Baubau Persiapkan Diri Hadapi STQH, Wawali Ahmad Monianse Sebut Metodenya Melalui Orientasi

Ia menambahkan, usai menjalani vaksinasi Covid-19, para Nakes tidak mengalami gejala mengantuk ngilu sesaat dan itu hanya di rasakan sekitar 30 menit usai penyuntikan.

” Saat ini kondisi saya dan mereka yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap II baik-baik saja. Jadi masyarakat jangan terpengaruh dengan informasi hoax, mari kita sukseskan program vaksinasi pemerintah,” tutupnya (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest