Laporan: Ardi Toris

BUSEL, BP- Video yang memberi dukungan kepada Plt Bupati Buton Selatan La Ode Budiman yang diunggah oleh akun bernama ‘Temannya Arusani’ beredar masif di jejaring sosial melalui facebook. Akun itu mengunggah video duku ngan dari masyarakat busel dari berbagai kelompok.

Tokoh adat yang berasal dari Kecamatan Siompu Barat

Dukungan masyarakat Busel itu mulai mengalir pada Rabu (25/5/2022). Itu diketahui melalui video singkat yang kini masif beredar di media sosial (medsos).

Salah satu video petikan dukungan terhadap La Ode Budiman yang diunggah dan disebarkan melalui melaui akun ‘Kominfo Buton Selatan’ bunyinya yaitu “Kami tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh poemjuda kecmatan Lapandewa pada hari ini menyatakan sikap mendukung La Ode Budiman SKM MSi sebagai Pj Bupati Buton Selatan, sekian dan terimakasih”

Pernyataan sikap dukungan itu berasal dari beberapa desa dan kecamatan. Di antaranya Kecamatan Kadatua, Kecamatan Sampolawa dan Desa Bola. Dalam video berdurasi 45 dan 47 detik itu, masyarakat bersama-sama menyatakan dengahn konsep yang sama.

Video lainnya dengan isi pesan yang sama berasal dari tokoh masyarakat bola yaitu “Saya tokoh masyarakat Desa Bola, menyatakan sikap mendukung La Ode Budiman menjadi Pj Buton Selatan,”

Pernyataan sikap serupa juga dilakukan oleh para tokoh di Kecamatan Kadatua dan Sampolawa. Tidak hanya itu ada juga kelompok guru-guru yang mengunggah video mereka memberikan dukungannya terhadap La Ode Budiman.

berikut video-video yang diuanggah di akun Kominfo Buton Selatan kelompok masyarakat buton selatan, para tokoh pemuda Siompa barat, Warga Desa Masiri, Tokoh masyarakta Siompu Barat, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda Kecamatan Lapandewa, para Imam dan parabela se Kecamatan Sampolawa, kelompok sadar wisata Sampolawa, Guru-guru SD Mbanua, Desa tarai kecamatan Siompu, Guru SDN 1 Molola, Kelompok Masyarakat Kapoa Barat.

Dari video yang diunggah terlihat memang ada skenario untuk mengumpulkan beberapa kelompok masyarkat untuk menyatakan sikap dukungan kepad La Ode Budiman. Untuk diketahui sampai dengan video mereka diunggah Kamis (26/05/2022), belum ada kabar pasti apakah La Ode Budiman akan dilantik oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi.

baca juga: Aksi Gema Busel Ricuh di DPRD, Dipicu La Hijira Tak Mau Tandatangani Penolakan Pj Bupati Busel La Ode Budiman

Sebelumnya ada media online yang sempat memberitakan bahwa La Ode Budiman akan dilantik pada hari Selasa (24/05/2022) oleh Gubernur Sultra. Namun setelah Baubau Post mengkonformasi kepada kabag protokeler Gubernur Sultra (24/05/2022), berita itu rupanya tidak benar alias hoax.

“Tidak ada jadwal pelantikan Pj bupati hari ini. Kami tidak melakukan kegiatan apapun terkait pelantikan Pj Bupati. Itu berita dari mana?,” kata Kabag Protokoler bertanya balik. (*)