Laporan: Hasrin Ilmi

BUTON, BP-Wakil Bupati Buton, Iis Eliyanti membuka secara resmi Launching Pencanangan Vaksinasi Usia Anak 6-11 Tahun Tingkat Kabupaten Buton yang di laksanakan di Lapangan Pasarwajo, Pasarwajo, Jum’at, 23 Januari 2022.
Launching dihadiri oleh Kapolres Buton bersama Ibu, Dandim 1413 bersama Ibu, Kepala Kejaksaan Negeri Pasarwajo, Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton yang diwakili Asisten I, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Buton, serta sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Safaruddin, SKM, MSi melaorkan Vaksinasi Covid -19 untuk menciptakan herd immunity/ kekebalan kelompok terhadap infeksi Covid-19, dengan syarat minimal cakupan vaksinasi covid-19 dosis 1 minimal 70 persen.
Sasaran vaksinasi covid-19 yaitu usia 12 tahun keatas dan ditambah dengan vaksinasi bagi anak usia 6-11 Tahun.
Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 pada anak usai 6-11 tahun yang dilakukan pada hari Senin, 24 Januari 2022 di Gedung Wakaka dan merupakan kerja sama Dinas Kesehatan Kab.Buton dan Dinas Pendidikan Kab.Buton yang di dukung pihak TNI Polri.
“Jumlah sasaran vaksinasi covid -19 pada anak usia 6-11 tahun Kabupaten Buton berdasarkan alokasi sasaran dari Kemenkes RI sejumlah 14.147 anak,” kata Kadis Kesehatan. “Jumlah sasaran anak usia 6-11 tahun yang akan divaksin Covid-19 secara simbolis sebanyak 10 orang perwakilan dari sekolah dasar di Kecamatan Pasarwajo,” tambahnya.
Sementara itu Wakil Bupati Buton dalam sambutannya mengatakan dengan angka kematian anak akibat Covid-19 di perkirakan mencapai 1.800 anak. Dengan tingginya kasus kematian pada anak disebabkan karena kurangnya pemeriksaan dan scrining yang dilakukan pada anak sehingga berimbas pada keterlambatan deteksi dan penanganan.
Oleh karena itu, patut kita bersyukur karena saat ini terlah tersedia, vaksinasi Covid-19 yang diperuntukan anak usia 6-11 tahun. Anak merupakan kelompok yang sangat rentan dan beresiko tinggi terpapar covid-19. Sehingga dengan ketersedian vaksin Covid-19 anak usia 6-11 tahun ini diharapkan mendapatakan kekebalan serta perlindungan dari paparan covid-19.
Orang nomor dua di Buton ini juga mengatakan Pemerintah menjamin vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun yang akan digunakan sesuai dengan standar keamanan dan telah melewati uji klinik yang ketat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/Menkes/6688/2021 tanggal 13 Desember tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksin covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun sehingga produk tersebut sudah dipastikan aman dan efektif digunakan untuk anak anak kita.
Mantan Anggota DPRD Buton ini juga mengatakan pelaksanaan lauching pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini merupakan bukti bahwa Kabupaten Buton siap dan optimis dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun.

baca juga: Bupati Buton La Bakry Serahkan Kerambah Jaring Apung
“Olehkarena itu, saya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Mitra TNI/POLRI, lembaga vertikal, Kementerian Agama, ibu-ibu penggerak PKK, ibu- ibu Dharma Wanita Persatuan, para kepala sekolah, dan para guru agar terus aktif dalam memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai vaksinasi covid-19 ini kepada seluruh lapisan masyarakat utamanya orang tua murid,” tegas Wabub Buton.(**)

Comments are closed.