Laporan: Hasrin Ilmi

BUTON, BP-Bupati Buton, Iis Elianti bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama Kabupaten Buton Tahun 2022. Giat yang bertemakan “Transformasi Layanan Umat” yang diselenggarakan di Pelataran Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buton, Pasarwajo, Senin 3 Januari 2022.
Turut hadir, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Buton, Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Sekda Buton, perwakilan Dandim, Kepala KUA Kecamatan Pasarwajo, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat.

Wabub Buton Jadi Irup Upacara Hari Amal Bhakti Kemenag


Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Buton mengatakan sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.
Menurut mantan Legislator PAN ini, Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.
Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021.
“Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” kata Wakil Bupati Buton ketika membacakan Sambutan Menteri Agama pada HAB 76 Kabupaten Buton.
Selain itu, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.
Hubungan baik tersebut, diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.
Di usia yang ke-76 ini, diharapkan Kemenag harus terus berbenah, Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan, dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kemenag yang lebih baik.
“Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, pegawai ASN Kemenag akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline peringatan HAB ke-76 Kemenag, yaitu transformasi layanan umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan,” katanya.

baca juga: Pemda Buton Bebaskan Lahan 12 Ha untuk Bangun KOR Telan Anggaran Rp 69 Miliar untuk Persiapan Porprov 2022
Berikut nama nama Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya Kementerian Agama Kabupaten Buton

  1. Dra. Marwan, Kepala MTsN 3 Buton, Satya Tahun XX
  2. Alma Yuni S.Pd, Guru MTsN 4 Buton, Satya Tahun X
  3. Hasrawati, S.Pd, Guru MTsN 2 Buton, Satya Tahun X
  4. Hariani, S.Pd.I, Kepala Urusan TU MTsN 1 Buton, Satya Tahun X
  5. Mansur Raatu, S.Pd, Kepala MTsN 3 Buton, Satya Tahun X
  6. Samsir, S.E, Guru MTsN 3 Buton
  7. Masrudin, Kemenag Kabupaten Buton (**)
One thought on “Wabub Buton Jadi Irup Upacara Hari Amal Bhakti Kemenag, 7 Orang Dapat Penghargaan Satya Lencana Karya Satya”

Comments are closed.