Wabup Buton Iis Elianti

Peliput: Gustam

PASARWAJO, BP- Di tengah pademi covid-19 saat ini, dimana dampaknya begitu dirasakan masyarakat, Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu menstabilkan perekonomian daerah.

Wabup Buton Iis Elianti
Wabup Buton Iis Elianti

Di Buton, Wakil Bupati Iis Elianti mencoba memanfaatkan dana desa untuk itu. Orang nomor dua di Kabupaten Buton itu menegaskan, agar Dana Desa dimanfaatkan untuk menstabilkan ekonomi masyarakat, melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ia juga menyebut, Pemerintah Desa di Buton juga telah membangun puluhan posko tanggap darurat pencegahan covid-19. Ditambah dengan pembangian masker dan alat kesehatan lainnya.

“Sebagai upaya untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 di desa, Pemerintah Desa telah membangunan Posko Tanggap Darurat yang tersebar di 83 desa, pembagian masker secara gratis kepada masyarakat, pengadaan handsanitizer, pengadaan peralatan cuci tangan,” kata Iis Elianti.

“Dan penyemprotan disinfektan kepada rumah warga, dan sarana umum lainnya yang sebagian besar anggarannya bersumber dari dana desa,” tambahnya lagi.

Mantan anggota dewan Buton itu juga menyebut, seluruh desa se Kabupaten Buton telah membentuk relawan Desa Lawan Covid-19, yang terdiri dari Pemerintah Desa, Badan Permuswaratan Desa (BPD) serta berbagai unsur masyarakat desa dan mitra kemasyarakatan yaitu Bhabinsa, dan Bhabinkamtibmas, yang senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton.

BACA JUGA: Dr Amirul Tamim Jadi Narasumber dalam Workshop Pengelolaan Dana Desa di Buton

Wabup Buton ini pun tak lupa mengimbau kepada seluruh para kepala desa untuk terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan seluruh peserta, serta mampu menjawab tantangan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa menuju pengelolaan keuangan desa yang cepat, tepat, dan terpadu sebagai upaya Penangangan Dampak Ekonomi Covid-19. (*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest