Laporan: Kasrun

BURANGA, BP – Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Ahali nembuka kegiatan evaluasi rencana tindak lanjut audit kasus stunting bertempat di Hotel HB Kulisusu. Selasa, 15 November 2022.

Dalam sambutannya Ahali mengatakan, evaluasi rancana tindak lanjut audit kasus stunting ini dilaksanakan guna mengurangi kasus stunting yang ada di Kabupaten Buton Utara. Audit kasus Stunting tersebut adalah mengidentifikasi resiko dan penyebab resiko stunting pada kelompok sasaran berbasis survailans rutin atau sumber data lainnya.

Kata Ahali, tahapan dalam audit stunting meliputi pembentukan tim audit kasus stunting, pelaksanaan audit dan manajemen pendampingan khususnya berbasis sasaran kepada kelompok sasaran (calon pengantin/remaja, ibu hamil, ibu nifas, baduta dan balita) dan kasus baduta/balita Stunting.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Kulisusu itu menegaskan, kepada Pemerintah Kecamatan serta pemerintah Desa dan lurah untuk intens memonitor perkembangan warga terutama dalam kaitannya dengan pendataan.

baca juga: Porprov Sultra 2022, Cabor Atletik Butur Target Tiga Medali Emas

“Sebab, dengan data bisa membuat langkah-langkah dan keputusan yang baik dan tepat sasaran, khususnya keputusan dalam penanganan resiko maupun penyebab terjadinya stunting, ” tegasnya.(*)