– Panahan, Olahraga Sunnah Berpahala

Peliput: Hengki TA

BAUBAU, BP – Komunitas klub pemanah orang Buton yang tergabung dalam Wolio Archery Community (WAC), mulai menunjukkan eksistensinya dengan merintis pembinaan atlet panahan di Kota Baubau. Bahkan, saat pertama kali dibentuk animo masyarakat Kota Baubau menjadi anggota, sudah sangat besar.
Ketua Wolio Archery Community, La Ode Ahmar SP mengatakan, kini antusias masyarakat Kota Baubau sudah mulai tinggi pada olahraga panahan. Hingga saat ini, sudah sebanyak 60 member yang bergabung dalam WAC.
“Kami sudah memiliki 60 member yang meggeluti olahraga panahan yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas dewasa dan kelas anak,” jelasnya.
Lanjut Ahmar, dalam menggeluti olahraga panahan, perlu motivasi dan pembentukan karakteristik untuk kebutuhan ketahanan, serta konsentrasi yang berani, agar mencapai pembentukan yang maksimal. “Karakter yang ditanamkan dalam olahraga pemanah ini, agar mengasah kemampuan dan mencipkan pemanah yang baik dan berkualitas,” tuturnya.
Ahmar berharap agar dapat memasyarakatkan olahraga panahan kepada masyarakat. Karena dapat menumbuhkan karakter olahraga yang sunnah dan berpahala, dengan mengajarkan anak untuk berkuda dan memanah yang kuat.
“Untuk jadwal latihannya, dilaksankan tiga kali seminggu dengan pembagian kategori dewasa dan anak-anak,” katanya.
Untuk di Kota Baubau, saat ini Pengcap Perpani dengan komposisi yang baru saja dibentuk beberapa waktu lalu, dengan ketua Ir H Bahara MSi, dan sekretaris La Ode Ahmar SP. (*)