Peliput : Kasrun

BURANGA, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Utara terus menggenjot pembangunan tower jaringan telekomunikasi di wilayahnya, yang belum tersentuh dengan jaringan telekomunikasi. Hal ini sebagai upaya pemerataan jaringan di wilayah Kabupaten Buton Utara.

Wakil Bupati Buton Utara Ahali, SH MH menerima kunjungan PT. LINI bersama Kadis Kominfo untuk membicarakan kelanjutan pembangunan Tower Jaringan yang meliputi Desa Lanoipi, Desa Pebaoa, Desa Lanosangia dan Desa Labelete untuk jangkauan pelabuhan Waode Buri.

Wakil Bupati Buton Utara Ahali SH MH menyampaikan kepada pihak PT LINI agar secepatnya membangun tower jaringan telekomunikasi tersebut. Pasalnya, kata mantan Kapolsek Kulisusu itu, jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat Butur.

“Kalau ada kendala di lapangan segera kita koordinasikan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan”, kata Ahali saat diskusi dengan PT LINI, Kadis Kominfo dan Kepala Desa La Noipi, terkait kelanjutan pembangunan tower jaringan internet, di ruang kerjanya, Jumat (15/07/2022).

Adapun, kelanjutan pembangunan tower jaringan telekomunikasi tersebut yaitu, meliputi Desa Lanoipi, Desa Pebaoa, Desa Lanosangia dan Desa Labelete untuk jangkauan pelabuhan Waode Buri.

SPV Project Sacme Perseroan terbatas (PT) Lima Inti Sinergi (LINI), Ardhantoro Binar Setyo S.Pd, mengatakan pembangunan tower jaringan telekomunikasi di Butur akan dibangun dalam waktu dekat ini.

Untuk Desa Lanoipi, kata dia, akan segera dibangun, saat ini tim akan segera turun di lapangan dan material semester proses.

“Team segera onsite di lapangan dan material on process”, tulis Ardhantoro Binar Setyo S.Pd melalui Whatsappnya, Jumat (15/07/2022).

baca juga: Kasus Dugaan Tindak Pidana Korupsi DD Sebesar 344 Juta di Desa Laeya, Telah Ditangani Polres Butur

Untuk Desa Pebaoa, kata Ardhantoro, masih proses penyelesain administrasi dalam hal ini surat izin terkait lahan dan akses jalan.

Sedangkan Desa Labelete, kata dia masih menunggu arahan dari mitratel sebagai anak perusahaan Telkomsel untuk pembangunan BTS atau tower.(*)