Wakil Bupati Buton Bersama Sekda pimpin Rakor triwulan IV

Laporan: Gustam

PASARWAJI, BP-Wakil Bupati Buton, Iis Elianti memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengendalian Pembangunan dalam rangka percepatan penyerapan anggaran dan pengendalian pembangunan triwulan IV lingkup Pemerintah Kabupaten Buton di aula Kantor Bupati, Pasarwajo, 12 Oktober 2020.

Wakil Bupati Buton Bersama Sekda pimpin Rakor triwulan IV
Wakil Bupati Buton Bersama Sekda pimpin Rakor triwulan IV

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tohir, SE., M.Si., para kepala OPD dan Kabag lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Buton.

Masing-masing kepala OPD mempresentasikan sejauh mana realisasi fisik dan anggaran program kegiatan OPD masing-masing.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti menuturkan untuk dinas-dinas yang persentase serapan anggarannya masih di bawah target untuk menyampaikan di pimpinan permasalahan yang dihadapi agar mencapai target yang ditentukan. “Lakukan monitoring di masing-masing dinasnya sampai di mana pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai untuk dilakukan langkah-langkah percepatan. Tingkatkan kinerja dan laporkan”, katanya, sebagaimana dirilis Kominfo Buton.

BACA JUGA: Iis Eliyanti resmi jabat Wakil Bupati Buton

Lebih lanjut, politisi PAN ini menegaskan untuk tahun 2021mendatang, setiap kepala OPD untuk wajib melaporkan kinerja masing-masing perbulan dan pertriwulan termasuk kendala-kendala dihadapi untuk dicarikan solusi terbaik. Selain itu,

Wakil Bupati menegaskan pelaporan APIP oleh Inspektorat harus diperhatikan oleh Para Kepala OPD.

Selain persoalan serapan anggaran, Orang nomor dua di Buton ini mengatakan Dinas Tenaga Kerja harus mengadakan sosialisasi kepada para pekerja dan masyarakat Kabupaten Buton untuk memberikan pemahaman bahwa resiko untuk kerja di luar negeri sangat tinggi, jadi harus terdaftar. “Semoga tidak ada lagi kejadian serupa seperti yang menimpa warga Kamelanta. Jadi Dinas Tenaga Kerja harus mengadakan sosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat tentang resiko kerja di luar negeri dan permasalahan banyaknya yang tidak terdata atau tenaga kerja ilegal”, ujar mantan anggota DPRD Kab. Buton ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ir. La Ode Zilfar Djafar, M.Si mengatakan harus ada langkah-langkah percepatan realisasi fisik dan anggaran pembangunan untuk dapat segera dinikmati oleh masyakarat Kabupaten Buton. “Lakukan langkah-langkah percepatan agar tidak mendapat sanksi seperti pemotongan anggaran akibat terlambat dari batas waktu yang ditentukan”, tegasnya. Menurutnya, batas waktu penyetoran SPJ pada tanggal 13 Desember 2020, sehingga para Kepala OPD harus serius dan mempercepat progress kegiatan dan pengadaan barang dan jasa di triwulan IV ini.

Sekda juga menambahkan perlu mengadakan kerja sama dengan pemerintah desa/kelurahan untuk pendataan masyarakatnya yang bekerja di luar negeri. “Hal ini penting karena mereka yang paling tahu tentang kondisi warganya”, ungkap Jenderal ASN Buton ini.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest