Wakil Ketua MPR RI ketika berada di Kota Baubau

Laporan Ardi Toris

BAUBAU-Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawahid saat melakukan kunjungan kerja di Kota Baubau Ahad (13/9) mengakui bahwa, meskipun baru pertama kali mengunjungi Keraton Buton namun ia sangat merasa kagum akan kemegahan benteng Keraton Buton yang sungguh luar biasa. Sebab, bila dibangun pada masa sekarang pasti akan menelan anggaran triliunan rupiah.

Wakil Ketua MPR RI ketika berada di Kota Baubau
Wakil Ketua MPR RI ketika berada di Kota Baubau

Namun demikian menurut Jazilul, untuk sekarang ini tergantung bagaimana masyarakat Baubau memaknai benteng Keraton Buton, apakah seperti barang masa lalu atau bisa di rekontruksi menjadi kekuatan untuk pembangunan Baubau kedepan. Sebab, tidak banyak kabupaten atau kota yang memiliki kekayaan dari nilai peninggalan sejarah selengkap Baubau.

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa ini bahkan akan siap berguru di Buton jikalau ada buku-buku atau ada orang-orang yang memiliki transfer ilmu dari peninggalan kerajaan dan sultan-sultan buton terdahulu. Pasalnya, apa yang dinikmati oleh generasi sekarang ini adalah hasil perjuangan dan jerih paya dari para pendahulu. Untuk itu, sebagai bentuk mensyukuri dari hasil perjuangan tersebut adalah dengan menjaga nilai-nilai luhur dan mengambil nilai-nilai positif dari semua nilai budaya yang ada.

“Saya merasa bangga datang di Baubau ini karena saya merasakan nilai yang luar biasa dan muda-mudahan saya bisa kembali lagi disini”, ujar Jazilul, sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.

Sementara itu, walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin merasa bahagia dengan kunjungan kerja Wakil Ketua MPR RI Jazilul. Karena itu, atas nama Pemerintah Kota Baubau, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja wakil ketua MPR tersebut.

Terkait nilai-nilai sejarah dan budaya di Baubau, AS Tamrin menjelaskan bahwa di Baubau memiliki nilai-nilai tersebut dengan sempurna. Pasalnya, Baubau adalah Eks pusat kerajaan dan kesultanan Buton.

“Memang nilai-nilai peninggalan budaya dan sejarah di Baubau ini sangat sempurna. Karena disini adalah bekas pusat kerajaan dan kesultanan Buton. Oleh karena itu disini terdapat banyak situs-situs dan cagar budaya sehingga kami bingung untuk menginventarisirnya satu persatu”, jelasnya.

Selain itu, tambah AS Tamrin, di Baubau memiliki banyak seni budaya dan di antaranya ialah seni Tari dan Seni Suara. Disamping itu, Baubau juga memiliki banyak ritual-ritual budaya yang sampai saat ini masih di lestarikan. Ia juga menambahkan, bahwa pada masa kesultanan terdapat undang-undang yang di sebut dengan undang-undang Martabat tujuh. Undang-undang tersebut dalam mukaddimahnya terdapat Sara Pataanguna yang merupakan Pancasila di Buton pada masa itu.

“Landasan Filosofis, landasan Ideologis dan dasar negaranya kesultanan Buton namanya Sara Pataanguna. Itu yang hampir terlupakan dan saya gali kembali, saya pertanggung jawabkan dalam disertasi saya. Saya elaborasi Sara Pataanguna dengan pemerintahan sehingga melahirkan sebuah kosep kepemimpinan pemerintahan PO-5”, paparnya.

iklan corona baubau
iklan

AS Tamrin menegaskan, bahwa ia telah menyusun buku yang berjudul “PO-5 Gema Pancasila Dari Baubau. Dan buku tersebut sudah pernah di paparkan di Banjarmasin beberapa waktu yang lalu. Ini dilandasi dari keprihatinan terhadap moral yang sudah rusak, baik itu di pemerintahan, Legislatif dan Yudikatif banyak yang moralnya sudah tercemar.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR Dr. H. Jazilul Fawaid,Sq.,MA yang menyambangi kota Baubau Minggu (13/09/2020) di sambut langsung oleh Walikota Baubau Dr. H. AS Tamrin, MH yang di dampingi oleh Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari dan Asisten 1 Setda Kota Baubau Drs. Rahmad Tuta, M.Si di rumah jabatan Walikota dengan tarian penyambutan tari galangi. Usai penyambutan, rombongan langsung berziarah ke makam Sultan Murhum bersama-sama Walikota Baubau, Kapolres Baubau dan beberapa pejabat esselon Pemerintah Kota Baubau. Kemudian, menyempatkan diri mengunjungi situs sejarah yang ada di dalam benteng keraton yaitu Batu Wolio sebelum melaksanakan Shalat Magrib berjamaah di Masjid Agung Keraton. Dan usai Shalat Magrib ia menyempatkan diri untuk melihat kondisi Kasulana Tombi (tiang bendera). Selanjutnya, kunjungan kerja tersebut di tutup dengan acara malam ramah tamah di pelataran rumah jabatan Walikota.

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel:

ISTRI & ANAK ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SEDIH SAKSIKAN PEMAKAMANNYA

ANGGOTA TNI 1413/BUTON YANG DIBUNUH SAAT TUGAS OLEH SEORANG PEMUDA DI KELURHAN NGKARING-NGKARING, KECAMATAN BUNGI, KOTA BAUBAU DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA MILITER. ANAK DAN ISTRI ALMARHUM SERDA BASO HADANG TERLIHAT SANGAT SEDIH DAN PILU MENYAKSIKAN DETIK-DETIK UPACARA PEMAKAMAN SUAMINYA. SEMOGA ALMARHUM DITERIMA DISIS ALLAH SWT DAN KELUARGA YANG DITRINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN HATI. AMIN. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest