Wali Kota AS Tamrin memimpin upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2020 di halaman Mapolres Baubau

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Menjelang tahun baru, Polres Baubau menggelar operasi Lilin Anoa 2020. Wali Kota AS Tamrin menjadi inspektur upacara gelar pasukan di halaman Polres Baubau, Senin (21/12).

Operasi Lilin Anoa 2020 dilaksanakan selama 15 hari. Mulai tanggal 21 Desember 2020 – 4 Januari 2021.

Wali Kota AS Tamrin memimpin upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2020 di halaman Mapolres Baubau
Wali Kota AS Tamrin memimpin upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2020 di halaman Mapolres Baubau

Membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis, AS Tamrin menyampaikan apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan operaisi lilin dalam rangka Natal dan tahun baru 2021. Baik dari segi personel maupun sarana prasarana.

“Perayaan natal dan tahun baru, meningkatkan aktivitas keramaian. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lalu lintas, dan pelanggaran protokol kesehatan,” tuturnya.

Dalam operasi kali ini, Polri mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakkan hukum secara tegas dan profesional. Protokol kesehatan akan tetap menjadi perhatian utama, agar pelaksanaan Natal dan tahun baru berjalan aman dan nyaman.

“Dalam pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru, Polri mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, dan 55.086 personel instansi terkait,” urainya.

Pihaknya mengantisipasi munculnya kluster baru penyebaran Covid-19 dalam kegiatan Natal dan tahun baru. Sehingga pengamanan ini jangan dianggap seperti agenda rutin biasa.

baca juga: AS Tamrin Ajak Seluruh Pihak Kompak Percepatan Pendirian PTN di Baubau

“Sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat di masa pandemi,” terangnya.

Dalam amanat Kapolri, Wali Kota Baubau juga mengingatkan tentang potensi kerawanan gangguan Kamtibmas. Antara lain terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, pengrusakan fasilitas umum, kriminalitas, tawuran pemuda, hingga balap liar. (**)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest