Walikota Baubau AS Tamrin

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Wali Kota Baubau, AS Tamrin menghadiri Bedah buku pendidikan anti korupsi dalam kearifan Buton dan Mekanisme adat pengangkatan Sultan Buton, di salah satu hotel, Selasa (08/12).

Walikota Baubau AS Tamrin
Walikota Baubau AS Tamrin

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Baubau itu mencoba membangun kesadaran tentang korupsi. Dirinya mengingatkan tentang rasa malu mengambil hak orang lain, kaitannya dengan penanaman nilai budaya Buton.

“Salah satu pembinaan karakter terkait dengan anti korupsi, yang mana terdapat rasa malu mengambil hak orang lain,” katanya.

Bahkan kata dia, jika menemukan barang orang lain yang tercecer di jalan, wajib dikembalikan kepada pemiliknya. Nilai ini menurutnya, harus tertanam sejak dini pada generasi muda di Buton.

“Karena semua generasi muda Buton harus melewati sistem pendidikan yang dikenal dengan ‘Toba’. Ini memberikan sumbangsih besar bagi generasi muda di Buton,” paparnya.

AS Tamrin menjelaskan, Toba mengajarkan manusia untuk menghargai dan tidak merampas hak orang lain. Sehingga pendidikan Toba juga perlu ditanamkan sejak dini, dan terus menjadi nasehat bagi orang melakukan perilaku menyimpang.

baca juga: Dorong Peran APBD, AS Tamrin: Kita Tingkatkan Kualitas Belanja

“Toba adalah kontrol bagi manusia Buton untuk selalu meniaga pikiran, sikap, dan perilakunya agar tidak menyimpang dari nilai moral, etik, dan agama,” jelasnya.

Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah Kota Baubau berupaya mengembangkan potensi budaya dan pariwisata. Hal ini didukung dengan banyaknya objek kebudayaan, pelestarian, dan pengenalan nilai kearifan lokal Buton. (**)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest