Deklarasi Damai di Rujab Walikota Baubau

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Dalam rangka menciptakan kondisi Kota Baubau untuk tetap aman dari segala macam bentuk perselisihan suku, agama dan ras maka di gelar deklarasi damai di bantea umuri bolu rujab Walikota Baubau Selasa (22/9).

Deklarasi Damai di Rujab Walikota Baubau
Deklarasi Damai di Rujab Walikota Baubau

Deklarasi damai yang diinisiasi oleh Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari tersebut dihadiri oleh Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH, Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, Dandim 1413 Buton, Kajari Baubau, Ketua PN Baubau, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta dari kalangan akademisi.

Walikota Baubau AS Tamrin saat membukan kegiatan ini memberikan apresiasi pada forum komunikasi pimpinan daerah serta tokoh-tokoh dan kalangan akademisi yang ikut mendukung deklarasi damai ini sehingga dengan demikian ke depan deklarasi damai ini dapat membantu bersama-sama merangkul semua pihak baik itu suku, agama maupun ras.

Dikatakan AS Tamrin, deklarasi damai untuk menciptakan komitmen bersama digelar dimaksudkan untuk mengantisipasi dan meredam kemungkinan-kemungkinan munculnya anarkisme maupun issue sara agar tidak terjadi konflik antar suku, agama dan ras. Sehingga sudah seharusnya diantisipasi sejak dini sebelum hal-hal yang lebih besar terjadi.

”Sebenarnya kegiatan ini bukan bagaimana cara kita menyampaikan tapi bagaimana cara kita mengiplementasikan perilaku baik itu pada sesam sesuai dengan falsafah PO 5 (Pomaa masiaka, Popia piara, Pomaa maeaka, Poangka angkataka, Pobinci binciki kuli)”, katanya.

Ditempat sama Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari mengakui, deklarasi damai merupakan pesan damai untuk Kota Baubau. Sebab, sangat miris melihat peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan isu sentimental persukuan. Pasalnya, berbagai perbedaan yang sedari dulu sudah tertanam dan sebagai identitas Negara Indonesia yang bhineka tunggal ika akan terpecah karena tidak adanya saling menghargai satu sama lain.

Kota Baubau ungkap Rio Tangkari diharapkan dengan adanya deklarasi damai bisa mengambil peran karena menjadi episentrum untuk semua daerah-daerah di sekitarnya. Karenanya Baubau akan memberikan kedamaian, ketentraman tanpa adanya percekcokan yang bisa memecah belah semua pihak.

iklan corona baubau
iklan

Sementara itu, sebelum deklarasi damai terlebih dahulu dilakukan dialog yang di moderatori oleh Dr Hamzah Palaloi. Berbagai macam usul, saran pertanyaan datang dari beberapa tokoh agama, kalangan akademisi dan perwakilan dari beberapa etnis yang tinggal di Baubau turut mewarnai diskusi tersebut dan dijawab langsung secara bergiliran oleh Walikota Baubau AS Tamrin, Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan Unsur Muspida.

Usai dialog Walikota Baubau AS Tamrin membacakan deklarasi damai yang diikuti oleh seluruh peserta deklarasi damai secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan deklarasi damai oleh seluruh peserta deklarasi damai diatas spanduk yang telah disiapkan yang dimulai dari Walikota Baubau, Wakil Walikota Baubau, unsure muspida dan tokoh masyarakat. Agama dan kalangan akademisi.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest