Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH ketika memperkenalkan PO5

BAUBAU, BP-Walikota Baubau Dr H AS Tamrin, MH saat Kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muslim Buton (UMU) Tahun Akademik 2020/2021 di hotel mira Rabu (23/09/2020) mengenalkan falsafah PO 5 (Pomaa maasiaka, Popia piara, Pomae maeaka, Poangka angkataka, Pobinci binci kuli).

Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH ketika memperkenalkan PO5
Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH ketika memperkenalkan PO5

Sehingga, mahasiswa dapat melestarikan falsafah Buton PO5 karena falsafah budaya Buton yang berisikan nilai-nilai yang diwariskan oleh leluhur-leluhur patut dilestarikan dan diimplementasikan dikehidupan sehari-hari.

Selain itu, dapat membentuk karakter manusia agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, lebih menghargai satu sama lain, mendukung sesama untuk hal baik, tidak saling menyakiti antar sesama, saling menghormati perbedaan dan lain-lainnya. Maka dari itu, ajaran moral itu sangat penting dari usia dini.

“Universitas Muslim Buton, sesuai dengan visi misinya untuk membentuk manusia yang cerdas tetapi juga membentuk moral yang baik untuk mahasiswanya.Karena itu, nilai-nilai budaya lokal seperti PO 5 sebenarnya sangat penting untu diterapkan dalam kehidupan sebab isinya sangat sejalan dengan pancasila,”ujar AS Tamrin, sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.

Walikota Baubau dua periode ini memberikan apresiasi pada rektor Universitas Muslim Buton (UMU) Dr. Sumiman Udu, S.Pd., M.Hum dan mahasiswa yang ikut hadir pada kegiatan ini untuk bersama-sama membangun suasana pendidikan semakin lebih baik dengan tidak hanya mengajarkan dalam bidang akademis, tapi juga mengajarkan bagaimana cara mengembangkan nilai moral dengan baik dan mengimplementasikannya kepada sesama.

Ditempat yang sama, rektor Universitas Muslim Buton Dr. Sumiman Udu, S.Pd., M.Hum mengakui, sangat berkomitmen dalam mewujudkan sumberdaya manusia dengan nilai moral yang tinggi berdasarkan pada budaya Buton.

“Sangat diharapkan mahasiswa dan alumni mahasiswa UMU nanti akan memiliki nilai intelektulitas yang bagus, inovasi yang kuat, kemampuan ekonomi praktis, yang ditunjang oleh integritas. Dan Integritas itu berdasarkan PO5 sesuai dengan budaya buton.” ungkapnya.

Ditambahkan, UMU Buton memiliki kesepakatan dengan Walikota Baubau, akan diadakan matakuliah baru yang mempelajari tentang budaya peradaban Buton. Dan Walikota Baubau mengaku, akan siap menjadi bagian dari pengajar di Universitas Muslim Buton.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest