– Yang Tak Hadiri Acara Sosialisasi Peralihan Hak Aset Tanah Pemerintah
Laporan : Ardi-Toris
BAUBAU, BP– Sejumlah lurah dan seorang camat tidak menghadiri acara sosialisasi peralihan hak aset tanah Pemkot Baubau ke pemilikan perumahan PNS, membujat Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH geram. Dia pun sebelum membawakan sambutannya terlibih dahulu mengecek camat dan lurah yang hadir.

“Coba berdiri di Baubau ada delapan camat, silahkan berdiri. Lalu coba berdiri di Baubau ada 43 lurah. Tuh kan tidak sampai ini 43 orang lurah yang hadir. Ini saya harus cek, karena sebetulnya kita maklumi kalau tidak hadir itu misalnya karena sakit atau karena ada urusan kedinasan yang lebih penting,” ucap Dr HAS Tamrin, Kamis (08/12).

Dr HAS Tamrin mengatakan sebenarnya dia mempunyai undangan di luar daerah untuk menerima penghargaan daerah peduli HAM, juga ada agenda di Kendari. Tapi Dr HAS Tamrin mengaku membatalkan semua agenda yang di luar daerah itu dan lebih memilih menghadiri acara sosialisasi yang digelar Bappeda Kota Baubau itu dengan menghadirkan narasumber dari Kementrian PUPR yaitu Direktur Bina Sistem Pembiayaan Perumahan Ditjen Pembiayaan Perumahan Kementrian PUPR Dr Ir Rifaid M Nur M Eng, Direktur Umum dan Hukum PPDPP Kementrian PUPR Sri Maharani Dwi Putri SH MH.

“Masa saya saja hadir di sini dengan membatalkan semua agenda penting lainnya sementara masih ada lurah dan camat yang tidak hadir. Saya ini menghargai para narasumber kita yang jauh-jauh datang dari Jakarta. Kita harus menghargai mereka. Kalau mereka mau cuek dengan kita bisa saja, buat apa mereka ini jauh-jauh datang ke Baubau bila kita tidak menghormati mereka,” ucapnya lagi dengan nada kesal.

Walikota Baubau pun mengingatkan bahwa persoaln ini jangan dianggap sepele, karena ini adalah masalah moral. Apalagi yang menghadiri kegiatan sosialisasi ini rata-rata tingkat pendidikannya sudah sarjana, ada juga yang magister, dan bahkan ada juga yang sudah doktor.

“Jadi saya minta semua lurah dan camat isi absen kehadiran. Saya mau lihat berapa yang hadir. Saya minta juga kepala BKD agar di absen yang hadir ini. Nanti saya akan panggil dan mencari tau apa alasannya sampai tidak hadir,” janji AS Tamrin. (***)