Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH secara tegas mengatakan agar upaya revitalisasi Tiang Bendera (Kasulana Tombi) yang berada di dekat Masjid Agung keraton buton jangan ada pihak-pihak yang menghalangi. Hal ini ia sampaikan melalui sambutannya pada acara peletakan batu pertama revitalisasi Kasulana Tombi di Baruga Keraton, Rabu (23/09/2020), sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.

 Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH
Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH

Menurut AS Tamrin, upaya revitalisasi Kasulana Tombi tersebut sudah dibahas dengan beberapa kalangan yang terdiri dari tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Adat dan pakar Arkeolog. Pasalnya, kondisi Kasulana Tombi tersebut semakin miring hingga dikhawatirkan akan roboh sebelum di revitalisasi.

“Sejak saya jadi Walikota bahkan sebelum saya jadi Walikota sudah muncul keprihatinan saya, bagaimana kira-kira ini kalau sampai dia tumbang Kasulana Tombi ini yang tadinya kita bangga-banggakan. Sejak saya jadi Walikota saya sudah gemahkan pada kalangan tokoh-tokoh masyarakat bahkan dengan para kepala-kepala SKPD”, ungkapnya.

Orang nomor satu di kota Baubau ini mengaku, untuk upaya revitalisasi tersebut sudah beberapa kali melakukan konsultasi publik dengan pihak-pihak terkait. Konsultasi publik tersebut dilakukan di Baruga Keraton sudah dua kali dan di rumah jabatan Walikota berkali-kali dengan mengundang para ahli dari Makassar. Selain para ahli dari Makassar, pihaknya juga bahkan mengundang ahli cagar budaya dari Candi Borbudur.

“Jangan di salah tafisir lagi seolah-olah dia tidak tahu, karena pasti dia tahu jadi Jangan mengada-ada. Kita juga ini tulus ikhlas untuk meperbaiki daerah ini, dua kali di baruga ini kita bicarakan bahkan di rujab berkali-kali. Dan kita undang itu ahli cagar budaya dari Makassar supaya jangan kita salah, bahkan ahli cagar budaya dari Candi Borbudur sana kita undang”, tegasnya.

Walikota dua periode ini juga menambahkan, dalam membahas revitalisasi Kasulana Tombi banyak saran-saran yang bermunculan. Dari saran-saran itu, bahkan ada yang mengusulkan agar Kasulana Tombi di cabut kemudian di buatkan yang baru sebagai duplikatnya serta muncul pula usulan untuk dibungkus dengan semen namun ia tidak menyetujuinya.

AS Tamrin mengakui, dari semua usul dan saran yang di sampaikan yang ia setujui adalah dibangun dalam bentuk tower yang menyerupai pemancar telepon sebab dengan model seperti itu tiang asli dari Kasulana Tombi tersebut tetap kelihatan. Kemudian orang yang mendesain revitalisasi tersebut adalah Profesor Doktor Rumawan seorang ahli khusus dalam mendesain situs-situs budaya.

“Segala sesuatu resikonya saya tanggung semua, saya juga siap kalau leluhur kita ini mereka tindaki saya. Tapi insya Allah leluhur kita tahu bahwa apa yang kita lakukan ini adalah untuk melindungi dan melestarikan sisa-sisa peninggalan mereka. Jadi dari mana rumusnya kalau harus dihalang-halangi, tidak boleh dan sudah ditau itu”, pungkasnya.(*)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest