Peliput: Gustam

AS Tamrin Walikota Baubau

BAUBAU, BP – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus berupaya melestarikan kearifan lokal masyarakat Kota Baubau khususnya tenun. Hal itu diungkapkan Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH pada peresmian galeri tenun di Kelurahan Sulaa beberapa hari lalu.

Orang nomor satu di Kota Baubau menyebut, motif tenun karya masyarakat Kota Baubau kian berkembang. Disebutkannya, penenun di Kota Baubau cukup banyak tersebar di sejumlah kelurahan di Kota Baubau.

“Seni tenun di Kota Baubau ini cukup berkembang. Itu karena jumlah penenun yag cukup banyak yang tersebar di sejumlah daerah seperti Kelurahan Bone-bone, Melai, Sulaa, Tarafu hingga di Pulau Makasar (Puma). Tenun yang dihasilkan pun memiki motif yang cantik yang banyak diminati masyarakat,” kata AS Tamrin.

Doktor Ilmu Pemerintahan itu menjelaskan, Pemkot Baubau mempunyai kebijakan untuk terus melestarikan tenunan masyarakat Kota Baubau. Sejumlah stekholder terkait diharapkan bahu membahu melestarikan seni tenun di Kota Baubau.

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melestarikan tenun Buton ini adalah dikeluarkannya perintah untuk menggunakan tenun lokal kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sekolah di setiap ivent-ivent besar di Kota Baubau,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest