Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Tergenangnya air saat hujan beberapa lalu ternyata membuat beberapa masyarakat mengkritik kinerja Pemerintah Kota Baubau. Pasalnya drainase yang dibanggun sepanjang jl Betoambari gagal total, salah satu masyarakat Langkariri Ayu (22) mengatakan pembangunan drainase malah menambah parah air yang naik kejalan karena sebelumnya air tidak perna naik sampai di tengah jalan.

“Gagal kalau saya nilai saya kira itu bisa menjadi solusi untuk menahan air tapi apa malah makin parah kok air bisa naik kejalan, sebelum dibangun itu tidak perna naik air kalau hujan cuma memang agak tergenang air di daerah SMEA itu tapi tidak separah sekarang,” ungkapnya, selasa (06/12).

Ayu mengharapkan pemerintah lebih memilih Insinyur berpengalaman dalam mengkaji pembangunan drainase di Kota Baubau ini.

“Makanya yang kerja asalan saja pemerintah tidak melihat siapa yang mampu mengkaji dengan benar akhirnya asal bangun saja siapa yang dapat proyek dapat uang itu yang tangani, coba jalan itu yang tangani orang dibidangnya insinyur yang berkualitas, jangan asal,” tuturnya.

Warga lainnya Nurdin mengatakan genangan beberapa waktu lalu bisa saja terulang kembali jika tidak ada penanganan oleh pemerintah.

“Tunggu saja kalau hujan lagi pasti banjir lagi itu depan SMEA tunggu saja, kalau pemerintah tidak tangani dengan cepat sebelum hujan bisa saja terjadi lagi,” tuturnya.

Nurdin mengharapkan pemerintah jangan asal membangun tanpa mengkaji sebelumnya karena kalau hanya membangun asal-asalan, warga setempat juga bisa membangun drainase seperti itu.

“Kalau hasilnya seperti sekarang itu gagal total lihat saja hasilnya bagaimana sekarang, kalau cuma mau membangun drainase seperti itu, kami juga bisa membuatnya,” tutupnya.(#)