Pewarta: Rahman

BAUBAU, BP- Ikan Hiu Paus sebanyak lima ekor muncul di perairan Baubau, tepatnya di perairan kawasan Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna. Hiu Paus biasa di sebut hiu tutul muncul Selasa (26/07/2022), sekitar pukul 13.30 WITA mendapat perhatian dari masyarakat sekitar bahkan sampai heboh.

Ikan Hiu Paus Berenang di Perairan Kadolomoko, Kota Baubau

Warga setempat bernama La Amba yang sudah terbiasa menyaksikan ikan raksasa itu mengatakan ikan hiu paus jarang muncul di perairan itu. “Namun setiap tahun selalu dia datang. Paling banyak yang sudah saya lihat kadang satu ekor dan kadang-kadang dua ekor,” tuturnya, Rabu (27/07/2022).

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Limbo Wantiro Ilman Jaya Mahuri yang menyaksikan dari dekat kehadiran ikan hiu paus mengatakan hiu tutul selalu muncul setiap tahun antara bulan Juli hingga September di kawasan itu.

Warga lain rupanya juga sudah sering melihat ikan itu setiap tahunnya. Akan tetapi untuk kali ini kedatangan Hiu Tutul itu menghebohkan warga kadolomoko hingga menarik perhatian warga lainnya karena jumlahnya ada lima ekor.

baca juga: Muda-Mudi di Baubau Ikut Trend Citayam Fashion Week Yang Lagi Viral, Ajang Unjuk Busana dengan Catwalk di Zebra Cross

“Menjadi heboh dengan adanya Hiu ini di Baubau. Karena sekarang bisa dilihat dari dekat dengan adanya terminal di Kelurahan Kadolomoko. Ikannya besar sekali dan ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga di sini,” ucap Ilham. (**)