Pose bersama usai kegiatan seminar bersama Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse

Laporan: Prasetyo M

BAUBAU. BP-Tahapan penyusunan master plan pengembangan kota kreative Kota Baubau telah memasuki tahapan seminar akhir setelah sebelumnya sudah digelar pula seminar awal beberapa waktu yang lalu. Seminar akhir master plan pengembangan kota kreatif yang dilaksanakan di aula kantor Balitbang Kota Baubau Jumat (11/12/2020) dibuka oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Pose bersama usai kegiatan seminar bersama Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse
Pose bersama usai kegiatan seminar bersama Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse


Menurut Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pada seminar awal lalu sesungguhnya telah disampaikan latar belakang dan tujuan bahkan output dari master plan pengembangan kota kreatif di Kota Baubau. Selain itu, para peserta sudah memberikan masukan dan saran yang diharapkan kepada tim yang membuat master plan bisa mengakomodir dan disinergikan dengan hasil pekerjaan melalui koordinasi sosialisasi dengan instansi atau OPD terkait baik dengan hasil survey dan pengumpulan data. Kemudian, analisis dan interpretasi kawasan klaster sumber daya unggulan sebagai upaya pengembangan kota kreatif. Disamping itu, yang tak kalah pentingnya juga penyusunan konsep dan strategi pengembangan dan publikasi serta ekspose hasil kegiatan.
La Ode Ahmad Monianse yang juga ketua DPC PDIP Kota Baubau ini mengharapkan penyusunan seminar akhir master plan pengembangan kota kreatif dapat menghasilkan tersedianya peta potensi sumber daya ekonomi ekonomi daerah sebagai indicator keberhasilan perencanaan pengembangan kota kreatif di Kota Baubau. Selain itu pula, tersedianya klaster kawasan pengembangan ekonomi berdasarkan potensi sumber daya unggulan di Kota Baubau. Kemudian, tersedianya sistim penilaian indeks kota kreatif dan branding daerah dalam menunjang Kota Baubau menuju kota kreatif unseco. Serta tersedianya dokumen hasil kajian meliputi konsep dan strategi perencanaan pengembangan ekonomi kreatif berbasis potensi sumber daya unggulan di Kota Baubau.

baca juga: Wawali Baubau Monianse Hadiri Pelatihan Personel Damkar untuk Tingkatkan Kapasitas


Dokumen master plan pengembangan kota kreatif ini kata La Ode Ahmad Monianse sangatlah penting dan dapat memberikan manfaat bagi penerima manfaat seperti halnya pihak-pihak terkait yang terdiri dari pemerintah daerah , swasta, perguruan tinggi, masyarakat dan stakeholder lainnya. “Sehingga dengan demikian visi misi Kota Baubau yang maju, terwujudnya Kota Baubau sejahtera, dan berbudaya dalam upaya percepatan pembangunan di Kota Baubau dalam bingkai PO 5 yang diimplementasikan dalam misi tampil yaitu tertib, aman, maju,popular, indah dan lancar dapat tercapai,”katanya, sebagaimana dirilis Kominfo Baubau.
Sementara itu, seminar akhir penyusunan master plan pengembangan kota kreatif turut pula dihadiri oleh kepala badan penelitian dan pengembangan daerah Kota Baubau, kepala OPD terkait, majelis pertimbangan dan tim pengendali mutu balitbangda Kota Baubau, narasumber master plan pengembangan kota kreatif.(*)

NONTON JUGA VIDEO BERIKUT:

TARI DAUN NIPAH DARI BAUBAU AKAN MASUK DAFTAR TARI NASIONAL

Sanggar Seni Lakologou yang bertempat di Kelurahan Lakologou membuat sebuah tarian khas Baubau yang nantinya akan dimasukkan menjadi salah satu tarian nasional oleh Balai Pelestarian Nilai dan Budaya Provinsi Sulawesi Selatan. Tarian itu bernama Tari Daun Nipah.

Pemilik Sanggar Seni Lakologou Erna SKM saat dikonfirmasi Baubau Post, Kamis (25/06), mengatakan Balai Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi untuk membuat sebuah tarian khas Buton. Dengan demikian Erna memutuskan untuk membuat tarian di wilayahnya tepatnya di Lakologou. Tari Daun Nipah dari Baubau akan masuk daftar tari nasional. @BAUBAUPOST TV CHANNEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest