Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Wakil Walikota (Wawali) Baubau La Ode Ahmad Monianse menghadiri rapat bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), terkait revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Baubau. Dalam Kegiatan tersebut Ahmad Monianse berharap agar revisi RTRW Kota Baubau dapat memberikan manfaat yang positif untuk masyarakat kedepannya, Selasa (11/01).

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat memimpin rapat bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKRD) Kota Baubau

Wawali La Ode Ahmad Monianse, dalam kesempatan tersebut mengatakan, dokumen RTRW tahun 2015-2034 dalam pemanfaatannya mengalami perubahan-perubahan yang mendasar dan harus membutuhkan penyesuaian atas kondisi saat ini. Bahkan dalam hitungan teknis dari Dinas PUPR Kota Baubau, perubahan tersebut relah melampaui dari angka 20 persen.

” Dalam pertemuan ini, kita akan menyamakan persepsi dikarenakan ditiap-tiap OPD itu ada tugas dan fungsi yang beirisan dengan tataruang.
Dikarenakan dalam waktu dekat kita sudah diagendakan oleh provinsi, akan adanya rapat TKPRD provinsi yang akan mengakomodir kepentingan kita dalam membawa rencana RTRW kita, maka diharapkan dalam kesempatan ini tiap OPD dapat memberikan masukan,” ujarnya.

Menurutnya, ruang Kota Baubau saat ini sudah terbatas sementara pertumbuhan penduduk terus bertambah, maka sangat penting jika penataan ruang Kota Baubau dilaksanakan. Selain itu pemerintah daerah juga dihadapkan persoalan bagaimana mampu mengakomodir kepentingan pemerintah pusat, sehingga dibutuhkan kejelian cara pandang dalam mengakomodir kepentingan pemerintah pusat dengan tetap melihat kondisi Kota Baubau saat ini.

Ia juga mengatakan, dalam revisi rencana RTRW diharapkan sejalan dengan regulasi pemerintah pusat maupun provinsi.

BACA JUGA: Tahun 2022 SMPN2 Baubau Fokus Peningkatan Mutu

“Mari kita gunakan semaksimal mungkin kesempatan ini untuk menempatkan ruang-ruang yang ada untuk kepentingan masyarakat kita dengan tidak berseberangan dengan kepentingan pemerintah pusat,” imbaunya.(*)

One thought on “Wawali Baubau La Ode Ahmad Monianse Harap Revisi RTRW Beri Manfaat Positif Untuk Masyarakat”

Comments are closed.