Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Untuk mewujudkan dan membumikan ajaran Al-Qur’an di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Pemerintah Daerah (Pemda) mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke IV tingkat Kecamatan se Kabupaten Buteng

Bupati Buteng, H Samahuddin SE saat membuka kegiatan MTQ ke IV tingkat Kecamatan

Pada kegiatan kali ini, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) ditunjuk sebagai tuan rumah. Dalam rangkaiannya, diawali dengan pawai kelilingkeliling dan dibuka secara resmi oleh Bupati Buteng, H Samahuddin SE, di depan kantor Kecamatan Masteng, Senin (14/02) kemarin.

Penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an, serta menegakkan syariat Islam, untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa,” ungkap Samahuddin, Bupati Buteng dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Buteng itu juga mengungkapkan, Al Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang massa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang Hanif, dan Al Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerjasama dalam ketakwaan dan kebaikan.

Lanjutnya, dalam MTQ ini para Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizah dan Mufasir-Mufasirah terbaik dari masing-masing Kecamatan, merupakan generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi daman membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan yang berkarakter islami

“Kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur’an, menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan, serta perbuatan yang menyakiti sesama. Kita semua sebagai umatnya, harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi,” jelasnya.

Kemudian, dengan adanya MTQ ini, jalan untuk mengedukasi umat, dalam membangun generasi berkarakter Qur’ani yang semakin mencintai dan membumikan Al Qur’an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih Humanis dan terbuka menuju masyarakat Kabupaten Buteng yang Berkah

baca juga: Samahuddin Harap 138 Santri Diwisuda Jadi Putra Putri Terbaik Buteng di Masa Depan

“Kepada semua peserta, semoga keikutsertaannya dapat memberi manfaat dan maslahat, dalam mengembangkan syiar islam di tanah bertuah negeri seribu benteng ini,” tutupnya.(*)