Kawal Pembangunan, JPKP Resmi Terbentuk di Kota Baubau

Peliput: La Ode Adrian

BAUBAU, BP – Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) menggelar konferensi pers pada Selasa (01/11), dimana JPKP resmi terbentuk di Kota Baubau pada 31 Agustus 2016.
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) JPKP Kota Baubau Amaludin SPd MSi melalui selebaran yang dibagikan saat konferensi pers menjelaskan, JPKP merupakan lembaga nonprofit, sehingga eksistensinya bukan sebagai badan usaha yang mencari keuntungan secara ekonomi atau finansial.
JPKP juga bukan partai politik, sehingga kiprah organisasi sejak berdirinya senantiasa dijiwai dengan “nawaitu” untuk melakukan pendampingan atas kebijakan pembangunan beserta implementasinya.
Dijelaskan, JPKP terstruktur dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota, hingga kecamatan, dengan kepengurusan tingkat pusat bergandengan tangan dan bekerjasama dengan Kepala Staf Presiden RI. Titik berat perhatian JPKP akan mengarah pada usaha mengawal segala kebijakan dan implementasi pembangunan.
“Kami ingin menyampaikan bahwa sejak terbentuknya di Kota Baubau 31 Agustus 2016, DPD JPKP Kota Baubau tekah melaksanakan kiprahnya dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan data atas berbagai sektor pembangunan, dan hasilnya telah kami sampaikan pada pimpinan daerah di kota ini (Walikota Baubau AS Tamrin), dan kami memperoleh tanggapan dan respon positif,” kata Ketua DPD JPKP Baubau Amaludin.
Adapun ruang lingkup aktivitas JPKP adalah memberi perhatian dan pengawalan utamanya pada bidang-bidang perencanaan, penyediaan data, pendampingan dan pengawalan, penyuluhan serta sosialisasi.
Amaludin menambahkan, eksistensi dan terbentuknya JPKP khususnya di Kota Baubau adalah dalam kerangka partisipasi dan kontribusi terhadap realisasi guna terciptanya Trisakti, Nawacita dan Revolusi Mental guna mewujudkan pelayanan kepada masyarakat Kota Baubau secara optimal.(*)

Pin It on Pinterest