LO Umar Bakri Laporkan Panwaslu di Pengadilan Negeri Buton

Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Lisiaon Officer (LO) Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Buton periode 2017-2022, yakni Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Drs La Bakry MSi (Umar Bakry), bakal melaporkan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Buton di Pengadilan Negeri Buton, atas dugaan pelanggaran hukum.
LO Psangan Umar Bakry, Jahrin ditemui Baubau Post mengatakan, keputusan musyawarah sengketa Pemilihan Bupati dan Wakli Bupati Buton yang dilakukan oleh Panwaslu Buton telah merugikan Paslon. Pasalnya, putusan Panwaslu Buton membatalkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton No 43-44 tentang pasangan Calon Samsu Umar Abdul Samiun SH dan Drs La Bakry MSi.
Lanjutnya, keputusan pembatalan yang dilakukan oleh Panwaslu Buton yang dilakukan beberapa hari lalu diduga, ada pelanggaran dan melawan hukum, sehingga pihak LO Umar Bakri sudah memasukan laporannya di Kejari Buton, Rabu (9/11).
“Saya menduga Komisioner Panwaslu Buton melakukan pelanggaran Hukum sehingga kita akan menempuh jalur hukum,” katanya
Kata dia, dalam musyawarah sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton keputusan yang diputuskan oleh Panwaslu Buton tidak sesuai dengan fakta, karena yang bersengketa dari pihak termohon, yakni pasangan Bakal Calon H Hamin dan Farid Bachmid dan Pihak Pemohon (KPU) Buton.
“Walupun kami sudah melaporkan Panwaslu Buton di pengadilan Negeri Buton, Kami juga telah memberangkatkan rekan kami untuk melaporkan Panwaslu di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena pelanggaran Kode Etik,” tutupnya.

Pin It on Pinterest