AS Tamrin: SMK Diharapkan Telorkan Lulusan Yang Siap Diserap Pasar

– Semua Jurusan Kejuruan Sudah Ada di SMK di Baubau

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP – Sekolah menengah kejuruan yang dirintis Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikmudora) Baubau dengan membuka beragam jurusan mulai dari jurusan otomotif, jurusan pertanian, tata boga, perikanan, perhotelan, administrai hingga jurusan kelautan sudah bisa terpenuhi. Kadis Dikmudora Baubau H Masri Mpd mengatakan dengan adanya jurusan yang terpenuhi itu maka masyarakat Baubau tidak akan kekurangan stok dalam mencari tenaga kerja yang terampil.
Pernyataan H Masri itu disampaikan ketika memberikan sambutannya usai menyaksikan panen perdana sayur-sayuran yang dilakukan siswa SMKN 5 Pertanian di Kelurahan Gonda Baru, Kecamatan Sorawolio, Minggu (20/11). Acara itu dirangkaian dengan arisan Dharwanita Persatuan Kota Baubau yang juga dihadiri Walikota Baubau H AS Tamrin MH dan Ketua TP PKK Ny Sartini Tamrin MPd.
“Dengan berakhirnya praktek kerja industri (Prakerin), siswa di sekolah kejuran termasuk di SMKN 5 Baubau, sebelum mereka meninggakan sekolah setiap siswa disekolah pertanian ini diwajibkan sudah bisa menanam pohon,” ucap Masri.
Dia pun membeberkan bahwa tanaman holtikultura yang ditanam siswa SMKN 5 Baubau seperti jagung sudah bisa dipanen dalam waktu 2.5 bulan. Ini artinya, lanjut Masri, panen tanaman holtikultura yang dikembangkan di SMAN 5 ini bisa dipanen empat kali dalam setahun.
Semua tanaman yang dipanen itu, kata Masri, karena adanya rekayasa benih yang dilatih langsung oleh PT Panah Merah yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah. “Semoga pelajaran yang didapat di sekolah ini bisa menjadi bahan masukan bagi masyarakat sekitar sehingga bisa memenuhi baik kebutuhan individu maupun kebutuhan masyarakat luas,” harap Masri.
Diakhir sambutannya H Masri meminta semua kalangan yang hadir agar setelah meninggalkan lokasi itu, bisa mensosialisasikan keberhasilan SMKN 5 Baubau, bahwa anak-anak SMK 5 saat ini sudah bisa menghasilkan produk sayuran yang berkualitas dan yang paling utama adalah bisa meyakinkan pasar bahwa lulusan SMKN 5 Baubau punya keterampilan khusus.
Walikota Baubau HAS Tamrin disela-sela mengresmikan panen perdana di kebun SMKN 5 Baubau mengatakan memang harapan pemerintah bahwa sekolah kejuarauan itu bisa menelorkan kader-kader yang siap pakai dan sekaligus menjadi duta-duta di masyarakat.
“Bahwa kalau ada lulusan SMK yang mbalelo maka itu tanggung jawab kita untuk kita genjot. Dan Panen perdana sayur mayur di SMKN 5 merupakan contoh soal bagaimana sekolah kejuruan itu bisa menggenkot dan memberikan motivasi bisa siap pakai di masyarakat, bahwa hanya dengan sentuhan kesungguhan dan kebersamaan bisa menghasilkan hal semacam ini,” jelas AS Tamrin (***)

Pin It on Pinterest