F9.2 Ilmiati Daud saat menyerahkan piala bergilir juara umum kepada Camat Wangi Wangi Selatan. FOTO Duriani Baubau PostIlmiati Daud saat menyerahkan piala bergilir juara umum kepada Camat Wangi-Wangi Selatan. FOTO Duriani Baubau Post

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, mengajak seluruh kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) – IX tingkat Kabupaten Wakatobi Tahun 2018 untuk terus menggelorakan nilai-nilai Al Qur’an dilingkungan tempat tinggalnya.
“Kepada adik-adik saya peserta MTQ tingkat Kabupaten Wakatobi agar syiar islam terus digelorakan di lingkungan, sekolah, keluarga, tetangga dan masyarakat. Al Qur’an harus dijadikan sumber ilmu yang terus dipedomani , pelajari dan dipetik hikmahnya,” ajak Ilmiati Daud, saat membawakan sambutan pada malam penutupan MTQ – IX tingkat Kabupaten Wakatobi, Senin (26/2/2018) malam.
Ilmiati Daud, mengungkapkan bahwa semua kafilah adalah sang juara di kecamatan masing-masing. Adapaun kafilah yang mendapat juara ditingkat kabupaten merupakan titipan yang patut dipertahankan dan ditingkatkan karena setiap saat akan berpindah ke orang lain.
Menurutnya, bukan hanya para kafilah, namun seluruh stakeholder di daerah harus bersama-sama menghidupkan nilai-nilai yang terkandung dalam Qur’an sesuai tema MTQ tahun ini “Sesuai tema MTQ kali ini, Kita lahirkan generasi Qur’an menuju Wakatobi religious. Jadi semua stakeholder di daerah harus menghidupkan nilai-nilai Al Qur’an,” ucapnya.
Al Qur’an lanjut Ilmiati Daud, merupakan identitas kemusliman sehingga tidak ada alasan untuk tidak mempelajari Al Qur’an. Hal itu dikarenakan relevan dengan Peraturan daerah (Perda) Kabupaten Wakatobi Nomor 14 Tahun 2012 tentang pendidikan baca tulis Al Qur’an.
“Sebagai kabupaten maritime yang mayoritas beragama islam, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menghidupkan Mesjid dan Mushalla, sekolah-sekolah, kantor-kantor dengan ilmu baca tulis Qur’an,” harapnya.
Ilmiati Daud, pada kesempatan itu juga mengajak seluruh umat islam di kabupaten Wakatobi untuk selalu menghidupkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an. “Sudah seharusnya Al Qur’an kita jadikan bacaan utama dari sekian koleksi buku,” ajaknya.
Kepada para juara, Ilmiati Daud, menitip pesan bahwa segera mempersiapkan diri karena akan membawa marwah Wakatobi pada ajang MTQ tingkat Provinsi Sulawesi tenggara. “Para juara yang akan mewakili Wakatobi pada MTQ tingkat provinsi untuk mempersiapkan diri sejak dini. Karena akan membawa marwah nama wakatobi,” tutupnya.
Untuk diketahui, pada MTQ – IX tingkat Kabupaten Wakatobi Tahun 2018, dikategori MTQ keluar sebagai juara umum yakni Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. Sedangkan kategori LASQI, Kecamatan Togo Binongko keluar sebagai juara umum. (*)