F2.4Ketua TP-PKK Kabupaten Buteng Hj Jusniar Samahuddin, saat melihat dan mengunjungi beberapa kerajinan tangan berbahan dasar plastik yang dibuat PKK Kecamatan

LABUNGKARI, BP – Pembinaan dan pengembangan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), yang mengarah kepada peningkatan kualitas hidup keluarga beserta seluruh anggota, menjadi sangat penting untuk di dukung dan dikembangkan. 

Salah satu upaya dan yang telah dihasilkan TP-PKK Buteng, yakni beberapa hasil kerajinan tangan dari anggota PKK kecamatan yang berbahan dasar limbah plastik. Hasil kerajinan tangan tersebut berupa vas bunga, tas, dan beberapa kerajinan lainnya.

Oleh sebab itu, TP-PKK Buteng berupaya memberikan fasilitas dan mendorong kemajuan PKK beserta seluruh kadernya dalam melaksanakan 10 program PKK, dengan menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan sinkronisasi program kerja 2020, dengan PKK kecamatan se-Kabupaten Buteng di Gedung Azzahra Lakudo, beberapa waktu lalu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Buteng Hj Jusniar Samahuddin mengungkap, kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang diselaraskan dengan dinamika pembangunan. Program PKK dilakukan secara berjenjang, hubungan kerja dalam gerakan PKK bersifat konsultatif, koordinatif, sistem perencanaan yang bersifat dari bawah dan juga penerapan 10 program pokok PKK.

“Kita juga akan meningkatkan sinergitas antara pemerintah dengan instansi dan lembaga terkait yang ada di Kabupaten Buteng. Sehingga akan menjadikan dasar kebijakan dalam menyusun perencanaan gerakan PKK di Kabupaten maupun kecamatan hingga ke tingkat desa/kelurahan.

Pelaksanaan program dan kegiatan PKK secara terpadu, dilaksanakan oleh masing-masing Pokja dengan berpedoman pada 10 program PKK. Untuk Pokja I mengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila dan program gotong royong, Pokja II mengelola program pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, Pokja III mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, dan Pokja IV mengelola program kesehatan, lingkungan hidup, dan perencana sehat.

“Kami percaya, kedepan gerakan PKK akan lebih eksis, maju dan manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, saya harapkan kesatuan gerak PKK mampu menjadi motor penggerak dan dinamisator, sekaligus aksi pembangunan kemasyarakatan,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA