F05.1 Abdul Karim

Peliput: Arianto W Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD se-Kota Baubau akan dilaksanakan secara Offline. Guna menghindari terjadinya aksi kumpul massa, Disdikbud Baubau menegaskan kepada masyarakat atau orang tua agar ikut andil menemani anaknya saat melakukan pendaftaran di sekolah.

F05.1 Abdul Karim
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Baubau Abdul Karim SPd MSi

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Baubau Abdul Karim SPd MSi saat ditemui Baubau Post, Senin (29/06).

Karim menjelaskan, sebagian besar lembaga pendidikan jenjang SD di Kota Baubau belum siap melaksanakan PPDB Online. Hal itu dipertimbangkan mengingat tidak banyak dari siswa sekolah dasar yang menggunakan gadget atau Handphone berbasis Android.

Sehingga untuk tetap menjaga efektivitas prosesi PPDB di tengah pandemi Covid19 ini, pihaknya menyepakati penerapan kebijakan pelaksanaan PPDB Offline teruntuk satuan pendidikan jenjang SD. Namun, dengan catatan bahwa orang tua siswa harus menemani anaknya saat melakukan pendaftaran di sekolah.

” PPDB di tingkat SD belum memungkinkan untuk diterapkan aplikasi online sehingga tetap pendaftarannya dengan offline,” jelasnya.

” Yang jelas harus diantar dengan orang tua siswa, tidak boleh berkerumun dan selalu memperhatikan standar protokol kesehatan,” pungkas Karim.

Selain itu, Kabid Pembina SD, Disdikbud Baubau Fitrianty SPd MSi menambahkan, bahwa PPDB Tingkat SD akan dilaksanakan secara bertahap atau tidak serentak. Hal ini bermaksud untul mengurangi resiko terjadinya aksi kumpul massa.

” PPDB dilaksanakan secara bertahap supaya mengurangi perkumpulan massa. Jadi ada jangka waktunya,” jelasnya.

Untuk diketahui, PPDB SD mulai dibuka pada Rabu, 1 Juli 2020 besok. (*)