Giat ziarah di makam Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi ( Oputa Yi Koo)Giat ziarah di makam Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi ( Oputa Yi Koo)

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Kelompok sadar wisata (Pokdarwis Dadi Mangura Melai) melaksanakan ziarah di makam pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) dalam ramgka memperingati hari pahlawan, Selasa 10 November 2020.

Giat ziarah di makam Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi ( Oputa Yi Koo)
Giat ziarah di makam Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi ( Oputa Yi Koo)

La Karambau yang bergelar Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) adalah seorang Sultan Buton ke-20 pada masa 1752-1755 dan ke-23 pada 1760-1763. Beliau giat bergerilya melawan menentang pemerintah Hindia-Belanda dalam perang Buton.

Pada 11 November 2019, dia menjadi salah satu dari 6 orang yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

” Dalam rangka peringatan hari pahlawan nasional, 10 November 2020. Kgitan ini sebagai wujud rasa terimakasih kepada para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” ungkap Ketua Pokdarwis Dadi Mangura Melai Muhammad Asrul Salam kepada Baubau Post, Selasa (10/11).

Dikatakan, awalnya pihaknya merecakan pihaknya ingin mengundang beberapa lembaga d kelurahan Melai, namun pertimbangan pandemi covid-19 maka yang hadir hanya pengurus Pokdarwis Melai dan dibatasi jumlahnya. Lokasi ziarah yakni di Jl. Sultan La Buke, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum.

Sebelum melakukan proses penyiraman kubur terlebih dahulu pihaknya melakukan bersih-bersih, hal ini dikarenakan ditempat tersebut terlihat banyak berhamburan kotoran dedaunan.

” Ini sudah menjadi agenda tahunan dari kami, dalam memperingati hari pahlawan,” lanjut wakil ketua pokdarwis Dadi Mangura Melai Arim Zani.

ia berharap kegiatan ini menjadi momentum bagi generasi muda, untuk dapat mengambil nilai-nilai kepahlawanan dari Oputa Yi Koo untuk diterapkan dalam kehidupan saat ini.

BACA JUGA: Wakil Walikota Baubau Monianse Berharap Hari Pahlawan Menjadi Penyemangat Diri

” Dalam hal ini yakni ketegasan dan semangat juang Oputa Yi Koo dalam melawan VOC, bisa teraplikasikan dalam diri untuk tetap semangat, jangan pantang menyerah terus berkarya, berekspresi untuk membangun daerah tercinta Kota Baubau,” tutup Asrul Salam. (#)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *