F08.1 Aiptu Sumiarddin saat menerima penghargaan dalam menjalankan tugas sebagai Pasukan GarudaAiptu Sumiarddin saat menerima penghargaan dalam menjalankan tugas sebagai Pasukan Garuda


Catatan : Hasrin Ilmi
Aiptu Sumiarddin anggota polisi asal Kota Baubau yang kini masih mengemban amanah sebagai salah satu personil pasukan Garuda Indonesia yang bertugas di Republik Afrika Tengah. Terpilih masuk sebagai Pasukan Garuda bukan baru pertama kalinya, namun sebelumnya sudah menjalankan tugas di Sudan tahun 2017-2018 untuk misi kemanusiaan.

F08.1 Aiptu Sumiarddin saat menerima penghargaan dalam menjalankan tugas sebagai Pasukan Garuda
Aiptu Sumiarddin saat menerima penghargaan dalam menjalankan tugas sebagai Pasukan Garuda

Sosok yang begitu sederhana namun tegas ini merupakan salah satu anggota Polri yang syarat dengan prestasi dan penghargaan. Mulai dari pengahragaan dari dalam negeri hingga penghargaan internasioanal sudah berhasil diraihnya.
Tanda penghargaan Dalam Negeri ; SL VIII Tahun, SL XVI Tahun, SL Dharma Nusa, – SL Ksatria Tamtama, SL Bhakti Buana dua kali dan Tanda Kehormatan Veteran dua kali. Sedangkan penghargaan internasional : UN Medal 2nd Class UNAMID, – African Union Medal, Gos Polica Medal, UN MEDAL 2nd CLASS MINUSCA, ORDRE NATIONAL DE LA RECONNAISSANCE CHEVALIER, ETOILE MILITAIRE DE RCA, MEDALI EGYPT, MEDALI NEPAL, MEDALI KAMERUN, MEDALI SÉNÉGAL dan MEDALI TANZANIA.

“Untuk Medali ORDRE NATIONAL DE LA RECONNAISSANCE CHEVALIER & ETOILE MILITAIRE DE RCA ( Bintang Militer Republik Afrika Tengah ) diberikan oleh Presiden Afrika Tengah Prof.Faustin Archange Touadera,”bebernya kepada Baubau Post.

Ayah dari dua anak ini menuturkan, momentum HUT RI ke-76 17 Agustus 2021 menjadikan seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga semangat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan.

“Kami disini (Afrika Tengah-red) secara sederhana upacara bersama pasukan gabungan,”tuturnya via whattup.

Sulung dari tujuh bersaudara ini juga menuturkan selama kurang lebih satu tahun tergabung dalam pasukan garuda di Republik Afrika Tengah ini mengaku sudah melakukan sejumlah kegiatan kemanusiaan. Mulai dari Pengamanan Pemilu Presiden hingga sampai pelantikan Presiden Afrika Tengah. Pemilihan Legislatif.

Selain itu, pengamanan objek vital negara, aset United Nation (UN) serta patroli rutin yang membutuhkan Quick Respons Forces (QRF) yang dianggap rawan. termasuk aksi kemanusiaan yang di lakukan bersama pasukan gabungan.

F08.1A Terlihat akrab dengan anak anak di Afrika Tengah
Terlihat akrab dengan anak-anak di Afrika Tengah

Meski tamat di sekolah perawat kesehatan (SPK) di Kota Baubau, namun tidak menghalangi cita-citanya sebagai anggota Polri. Apalagi, darah polisi juga diturunkan dari ayahnya La Ode Azanuddin yang menjadi panutannya selama ini. Bahkan, alumni Seba PK XVIII thn 1999 SPN Batua Makassar ini selalu bersyukur dan berterimakasih kepada kedua orang tuanya Aipda (Purn) La Ode Azanuddin dan Sumiani setiap saat memberikan dukungan dalam menjalankan tugasnya.

Sementara itu, dimata saudara-saudaranya, suami dari Arnianti, SKM ini merupakan sosok kakak yang baik.

baca juga: Kalapas Baubau Diminta Evaluasi Anggotanya, Buntut Dugaan Penganiayaan Warga Binaannya

“Dia adalah sosok kakak yang memberikan contoh buat kami adik-adiknya. Meski sibuk dengan tugasnya namun nasehat dan semangat setiap saat keluar. Kami sangat bangga dan mendukungnya dalam menjalankan tugas dan amanh negara dimanapun di bertugas,”kata Aipda Kaharuddin Syah adik kedua dari Ifin sapaan akrab Sumiarddin.(*)

Comments are closed.