Bupati Busel H La Ode Arusani diacara 4 tahun Expo Pembangunan di BuselBupati Busel H La Ode Arusani diacara 4 tahun Expo Pembangunan di Busel

Laporan: Amirul

BUSEL, BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menggelar Expo 4 Tahun Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani. Expo kali ini digelar di Kecamatan Kadatua, Sabtu 6 November 2021.
Expo dihadiri langsung Bupati Buton Selatan, H.La Ode Arusani. Dalam arahannya, bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah.

Bupati Busel H La Ode Arusani diacara 4 tahun Expo Pembangunan di Busel
Bupati Busel H La Ode Arusani diacara 4 tahun Expo Pembangunan di Busel


Selain menjabarkan program pembangunan yang telah dilakukan, sejumlah program pun turut dihadirkan dalam expo 4 tahun pembangunan kali ini.
Berikut rangkumannya, pertama program dari Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Buton Selatan berupa penyerahan 10 unit motor untuk masjid dan penyerahan hibah gendang rebana untuk BKMT Kecamatan Kadatua.
Kedua program dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) berupa penyerahan 10 unit motor untuk para kepala desa (Kades). Ketiga program dari Dinas Kebudayaan berupa penyerahan uang makan minum untuk kegiatan di baruga kepada lembaga adat senilai Rp 21 juta.
Keempat Dinas Pendidikan berupa penyerahan bantuan TIK untuk 5 SD dan penyerahan Alat Permainan Elektronik (APE) untuk 2 TK. Kelima program Dinas Pertanian berupa penyerahan Kartu Tani kepada 18 petani dan penyerahan benih terung untuk 10 kelompok tani.
Keenam program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berupa penyerahan Kartu Keluarga, Akta dan KIA. Ketujuh program dari Dinas Pariwisata berupa pelantikan Pokdarwis empat desa, masing-masing Desa Marawali, Desa Banabungi Selatan, Mawambunga, dan Desa Kapoa Barat. Selain itu juga penyerahan SK Desa Wisata kepada Desa Marawali, Mawambunga, Lipu, Banabungi, dan Banabungi Selatan.
Kedelapan program Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, berupa penyerahan bantuan 10 unit cool box, 20 etalase roti, 8 unit gerobak jualan, 10 payung jualan, dan alat dan benang tenun 750 gulung kepada 10 penerima. Kesembilan program Dinas Kelautan dan Perikanan berupa penyerahan Kartu Kusuka (Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan) kepada 10 nelayan.
Kesepuluh penyerahan bantuan hand sanitizer dan masker dari Ketua TP PKK Buton Selatan, Ny Hj Wa Ode Ruhania Arusani kepada PKK Kecamatan Kadatua.

baca juga: Strategi Pengembangan UMKM Busel di Tengah Pandemi
Kegiatan expo ini kemudian dilanjutkan pada malam hari ini dengan agenda pemutaran Video pembangunan yang telah dicapai dalam masa kepemimpinan Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani selama 4 tahun terakhir. (*)

Comments are closed.