F01.6 Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Jelang pergantian tahun 2021-2021, pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kota Bubau masih diangka sekitar 50%, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot Banbau bersama Polres Baubau dan Kodim 1413/Buton bersinergi gencar melakukan aksi vaksinasi masal diseluruh kecamatan dan kelurahan.

F01.6 Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal
Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse bersama Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal

Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat ditemui awak media usai meninjau langsung pelaksanaan vakasinasi masal di Kantor BPBD Kota Baubau, Rabu (15/12) mengatakan, untuk target pencapaian vaksinasi di seluruh daerah di Sultra, Kota Baubau baru mencapai angka sekitar 50% dan penekanan dari Menteri Dalam Negeri agar seluruh daerah pencapaian vaksinasi hingga akhir tahun mencapai angka 70 %.

” Inilah yang bapak kapolres bantu kita semua untuk bisa mencapai angka itu dan kami pemerintah kota bersama jajaran Polres dan Kodim menargetkan pencapaian 70% diakhir tahun. Untuk mencapai angka itu memang harus ada upaya ekstra setiap pihak,” ujar Monianse.

Dikatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi masal ini, Polres Baubau memberikan dukungan dengan memberikan doorprice kepada para masyarakat yang melaksanakan vaksinasi dengan jumlah peserta 5000 orang. Dan untuk kegiatan vaksinsi masal ini akan terus dilakukan hingga akhir tahun 2021 di seluruh fasilitas kesehatan dan tempat-tempat umum lainnya.

” Target perharinya kami sudah sepakat mencapai angka 3000an peserta yang terbagi di 43 kelurahan yang ada di Kota Baubau dengan melibatkan seluruh instansi baik RT/RW, lurah, camat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kapolsek dan Dandim,” terangnya.

Lanjut, menurutnya salah satu indikasi kurangnya pencapaian vaksinasi selain dari kesadaran masyarakat, juga dikarenakan jarak vaksinasi yang dinilai nilak masyarakat cukup jauh, sehinga pihaknya melakukan kooordinasi bersama Kapolres dan Dandim untuk mendekatkan lokasi dengan masyarakat.

” Misalnya Puskesmas BWI yang belum mencapai target, rupanya karena jarak maka besok kami akan mendekatkan pelaksanaan vaksinasi dengan masyarakat, begitu juga denga wilayah murhum, wajo, lamangga masih dibawah target maka besok kita akan dekatkan kesana dengan pelaksanaan di Puskesmas Melai dan Puskesmas Wajo. Mudah-mudahan dengan mendekatkan pelayanan pelaksaaan vaksinasi maka antusias masyarakat juga semakin besar,” tutupnya.

Sementara itu dilokasi yang sama Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari mengatakan, jumlah warga Kota Baubau yang menjadi target vaksinasi 70% yakni, sebanyak 84 ribu warga yang sudah tervaksin dosis 1, dan 50 % atau 60 ribu lebih warga sudah melaksanakan vaksinasi tahap II, sehingga pihaknya bekerja secara intens untuk mencapai target tersebut hingga akhir tahun 2021.

Dikatakan, untuk dosis I saat ini masih dibutuhkan 30 ribu lebih warga untuk dosis vaksin tahap I untuk mencapai angka 70, dan untuk dosis vaksin tahap II masih membutuhkan sebanyak 26 ribu lebih warga.

” Artinya masih dibutuhkan 56 sampai 57 dosis untuk vaksin tahap I dan II yang harus kita capai hingga akhir tahun,” jelasnya.

Untuk mencapai target tersebut, tenaga kesehatan Polres Baubau bersama tenaga kesehatan Pemkot Baubau berkolaborasi, dengan target vaksinasi perharinya hingga akhir tahun mencapai angka 3500 warga. Salah satu langkah yang dilakukan pihaknya yakni dengan berkolaborasi bersama mendatangi dan melakukan vaksinasi di kawasan masyarakat yang jauh dari lokasi vaksinasi masal yang dilakukan ditiap fasilitas.

baca juga: Lestarikan Budaya, Pemkot Baubau Gelar Lomba Permainan Tradisiona

” Kita sudah berkomunikasi bersama, sejumlah pihak untuk mengajak dan berkomitmen mencapai target vaksinasi hingga akhir tahun yang tiap hari kita gelar. Tidak ada hari libur lagi hingga menjelang akhir tahun dan tiap hari adalah hari vaksinasi,”ucapnya. (*)

Comments are closed.