f01.4 Asisten II Kota Baubau Ibnu Wahid Asisten II Kota Baubau Ibnu Wahid

Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Perumahan dan Permukiman telah memuntaskan penyusunan Dokumen RP3KP (Rencana Pembangunan dan Penggembangan Perumahan dan Kawasan Pemukiman). Dimana dukumen tersebut menjadi acuan pihak Pemkot dalam menuntaskan permasalahan kawasan dan permukiman yang ada di Kota Baubau.

f01.4 Asisten II Kota Baubau Ibnu Wahid
Asisten II Kota Baubau Ibnu Wahid

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Baubau, Ibnu Wahid, ST., MM saat ditemui awak media.

“Penyusunan dokumen RP3KP telah difinalisasi dan alhamdulilah se-Provisi Sulawesi Tenggara hanya dua daerah yang didampingi oleh Kementrian PU dan Perumahan Rakyat, yaitu Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka,” ujar Ibnu Wahid.

Menurutnya dengan didampingi oleh kementerian dalam penyusunan DP3KP diharapkan nantinya hasil penyusunan mampu meningkatkan pengembangan kawasan permukiman di Kota Baubau. Selain itu melalui penyusunan dokumen tersebut kedepannya pembangunan perumahan dan permukiman baik itu sarana jalan, drainase dan utilitasnya dapat lebih maksimal.

” Sehinga kedepan Pemerintah Kota Baubau berharap seluruh kawasan permukiman kita menjadi kawasan yang higienis dan muaranya nanti pada tingkat kesrhatan masyarakat, karena kita tau masih ada kawasan penukiman saat ini yang semerawut, drainasenya tidak sesuai, makanya dengan adanya dokumen ini nantinya dapat menjadi patron dalam meningkatkan kawasan permukiman itu. Termasuk penyediaan para pengembang yang diperumahan bagaimana sarana prasarana dan utilitasnya,” terannya.

Lanjut, salah satu perhatian pihak kementerian dalam mendampingi Kota Baubau dalam menyusun RP3KP, dikarenkan banyaknya kawasan perumahan dan permukiman yang ada. Kota Baubau juga merupakan salah satu daerah tujuan masyarakat di daerah sekitar dalam melakukan aktifitas ekonominya.

“Dampak yang dihasilkan tentu kebih besar, banyak kawasan-kawasan pemukiman, salah satunya kawasan batarguru, tomba yang cukup luar biasa,” menurutnya.

baca juga: Kurang 70 Persen Pencapaian, Pemkot Baubau dan TNI Polri Gencar Laksanakan Vaksinasi

Pria yang menjabat sebagai Asisten II Kota Baubau ini juga menambahkan jika saat ini pihaknya tengah melakukan identifikasi sarana prasarana yang dinilai kurang dikawasan pemukiman Kota Baubau dan kedepan pihaknya akan berkolaborasi dengan OPD lainnya dalam mewujudkan kawasan perumahan dan permikiman yang baik untuk masyatakat . (*)

Comments are closed.