WhatsApp Image 2022 02 08 at 14.41.44

Laporan: Hengky TA

BUTON, BP-Dalam rangka membahas percepatan penanganan Covid-19 di kabupaten Buton, Tim Asistensi Percepatan Vaksinasi Polda Sultra, bersilaturahmi dengan Kapolres Buton, AKBP Gunarko, S.I.K.,M.Si yang berlangsung di Aula Endra Dharmalaksana Polres Buton. Selasa (08/02/2022)

Kapolres Buton mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim asistensi Polda Sultra di Polres Buton, dalam rangka bersilaturahmi sekaligus menyamakan presepsi untuk menangani Covid-19.

Menurut Kapolres, Polri memiliki tugas dan tanggungjawab membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

WhatsApp Image 2022 02 08 at 14.41.44

“Kami, dalam hal ini Polres Buton selalu bersinergi dan mendukung tenaga kesehatan untuk bersama-sama memerangi Covid-19, salah satu diantaranya mengikuti vaksinasi khususnya vaksinasi anak 6-11 tahun,” ujar Kapolres.

Salah satu yang harus dilakukan saat ini, jelas Kapolres, yaitu mengedukasi masyarakat agar lebih mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaskinasi terkhusus vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Sampaikan informasi yang benar, bahwa vaksin itu halal dan aman, dan sangat penting untuk imunitas tubuh,” harap Kapolres.

“Polres Buton sudah banyak berbuat terkait vaksinasi, mulai dari vaksinasi massal berhadiah sepeda motor, sembako dan hadiah lainnya yang di gelar di tempat terbuka hingga vaksinasi yang dilakukan secara door to door di masing-masing desa” paparnya.

AKBP Gunarko juga menekankan kepada Kapolsek Jajaran agar selalu berperan aktif dalam menggalang masyarakat untuk percepatan vaksinasi di kabupaten Buton.

“Silahkan koordinasi bersama Kades dan Puskesmas setempat, berikan himbauan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah demi percepatan vaksinasi di kabupaten Buton” harapnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan, Syafaruddin menjelaskan bahwa terkait percepatan vaksinasi anak di kabupaten Buton, mulai hari ini seluruh dinas kesehatan di kabupaten Buton turun dilapangan untuk memonitoring dan membackup kegiatan vaksinasi di 14 Puskesmas di kabuapten Buton.

“Saya sudah mengeluarkan surat kepada kepala puskesmas tentang percepatan vaksinasi anak umur 6-11 tahun dan surat kedua tentang monitoring kegiatan vaksinasi anak di masing-masing puskesmas di kabuapten Buton, seluruh pejabat puskesmas turun kelapangan untuk memantau langsung kegiatan vaksinasi anak, kami juga sudah menyiapkan kesiapan Sumber Daya, kapus dan vaksinator ke 14 Puskesmas” tandasnya

Lanjut Syafaruddin, saat ini kami memiliki 15ribu dosis vaksin sinovac yang ada di dinas kesehatan dan puskesmas dan hari ini kami mendapatkan lagi program imunisasi sebanyak 5ribu dosis vaksin jenis sinovac.

“Insya Allah besok sore 5ribu dosis vaksin sinovac tersebut sudah kami terima ditambah lagi untuk booster dari kami untuk dinas kesehatan 400 dosis dan untuk Polres 400 dosis juga” tambahnya, sebagaimana dirilis tribrata news Polres Buton.

“Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan camat, kades dan TNI POLRI dan mitra lainnya untuk menyiapkan sasaran dan terkait sosialisasi vaksinasi anak minggu ini sudah selesai, agar percepatan vaksinasi anak dapat terlaksana secepat mungkin” tambahnya.

Sementara itu, Dir Binmas, Kombes Pol Darmawan Affandi, S.I.K menyebutkan vaksinasi dilakukan sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ini adalah ikhtiar kita bersama dan kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Buton yang sudah mendukung program pemerintah,” ungkapnya

baca juga: Pemprov Sultra dan Bank Sultra Bakal Bantu Kembangkan Infrastruktur Pariwisata Lahonduru -di Wabula

Ia berharap, Pemerintah Daerah kabupaten Buton bersama Dinkes dan Instansi terkait terus bersinergi dengan pemerintah dalam menyukseskan berbagai program, terutama dalam penanganan Covid-19. (**)