F01.5

Pewarta Alyakin

BAUBAU, BP – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota baubau menggelar rapat paripurna Selasa (16/8/2022), dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

Rapat Paripurna DPRD Kota Baubau turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala OPD, para Camat, para Lurah, Para Pimpinan Partai Politik dan insan pers.

F01.5

Dikesempatan itu, Ketua DPRD Baubau, H Zahari Se menyatakan 17 Agustus 1945 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi rakyat Indonesia. Hari dimana bangsa Indonesia memproklamirkan diri sebagai negara merdeka.

“Dalam pembukaan konstitusi negara, para pendiri bangsa menyadari bahwa kemerdekaan merupakan anugerah dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Sebagai generasi anak bangsa yang merasakan buah manis kemerdekaan, kata dia, sudah selayaknya untuk meningkatkan rasa syukur kepada sang Khaliq, sehingga nikmat Kemerdekaan ini akan senantiasa terjaga, bahkan bertambah.

kemerdekaan negeri ini, menurutnya, tidak diperoleh begitu saja, namun melalui perjuangan gigih dan tetesan darah para pahlawan dan pejuang kemerdekaan dari berbagai penjuru negeri, termasuk di tanah Wolio-Butuni.

“Sudah sepatutnya kita memberikan penghargaan dan rasa terimakasih atas jasa mereka yang mengorbankan jiwa dan raganya mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Amal bakti mereka untuk nusantara adalah teladan kita semua,” ujarnya.

Penyebaran Covid-19 telah melandai dan relatif lebih terkendali. Kata dia, setelah 2 tahun lebih dilewati dengan penuh perjuangan, baik dari aspek kesehatan, ekonomi maupun sosial.

“Tentu saja ini menambah kesyukuran, terlebih di tahun ini kita dapat
menyelenggarakan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dengan
berbagai relaksasi dan kelonggaran kebijakan pembatasan kegiatan,” katanya.

Hal itu tentunya menumbuhkan optimisme dan menjadi titik balik untuk pulih lebih cepat – bangkit lebih kuat, sebagaimana tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini. ” Tema tersebut hendaknya menginspirasi dan
memberi semangat. kepada Kita semua, untuk tetap mantap melangkah
mengisi kemerdekaan dengan berbagai kerja dan karya nyata; membangun
jiwa dan raga bangsa Indonesia,” katanya.

Olehnya itu, momen peringatan hari kemerdekaan RI Ke 77, H Zahari mengajak masyarakat agar meneguhkan kembali komitmen persatuan dan kesatuan Bangsa dengan menyingkirkan ego kelompok, warna partai, fanatisme suku, hingga perbedaan kepentingan.

baca juga: Presiden RI Jokowi Kenakan Pakaian Adat Buton, Walikota Monianse: Itu Hadiah Bagi Pemkot dan Masyarakat Baubau

“Mari bersama-sama terus mendayung bahtera negeri ini, sembari melakukan berbagai adaptasi dan inovasi di tengah perubahan yang cepat dan perkembangan yang begitu dinamis, menuju negeri Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghofur, “Gemah ripah loh jinawi,” tutupnya (*)