F04.4 3

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Evoria peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77 sudah menggema seantero negeri. Persiapan menyambut detik-detik proklamasi inipun terus dipersiapkan semeriah mungkin.

F04.4 3

Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tidak ingin ketinggalan memeriahkan kado istimewa dari para pejuang bangsa ini.Jasa dan pengorbanan mereka sudah sepantasnya diganjar dengan penghormatan dari generasi saat ini.

Sehingga, untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke- 77 tersebut, Pemkab Buteng menggelar lomba gerak jalan. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan lomba gerak jalan tersebut, diadakan disetiap kecamatan.

Salah satunya, pelaksanaan lomba gerak jalan yang dilaksanakn di Kecamatan Lakudo, pada Senin (15/08/2022), yang disaksikan langsung oleh Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup dipanggung penghormatan depan Rumah Jabatan (Rujab) Bupati.

“Untuk peserta gerak jalan indah di Kecmatan Lakudo kurang lebih 80 barisan, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, PKK hingga karangtaruna dari setiap Desa di Kecamatan Lakudo,” ungkap H Konstatinus Bukide, Sekda Buteng saat dikonfirmasi diruangannya.

baca juga: Dandim 1413 Buton, Hari Kemedekaan Semangat Membangun Daerah

Lanjutnya, hal tersebut dilakukan berdasarkan kebijakan Pemkab Buteng, kemeriaan HUT RI ke-77 lebih diprioristaskan disetiap Kecamatan. Jadi, mulai dari Kecamatan Sangiawambulu hingga Kecamatan Talaga Raya, kemeriahan HUT RI ke-77, dengan harapan bisa langsung dirasakan langsung oleh masyrakat.

“Sasaran utamanya adalah, para pedagang-pedang kecil, dimana dengan adanya kegiatan seperti ini, mereka bisa mendpatkan penghasilan lebih besar dari hari-hari biasanya,” tutupnya.(*)