F04.3 1

Laporan: Kasrun

BURANGA, BP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat paripurna istimewa, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi Dodo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

F04.3 1

Rapat parupurna istimewa yang dilaksanakan di aula sidang paripurna itu juga dihadiri oleh Bupati Butur Dr. H. Muh Ridwan Zakariah, M.Si, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Butur Dra Hj Muniarty M Ridwan dan Wakil Bupati Butur Ahali, S.H, M.H, bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Butur Amalia Ahali.

Dalam sambutannya Bupati Ridwan Zakariah mengatakan, sebagai warga negara Indonesia patut bersyukur, karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati hasil jerih payah para pejuang kemerdekaan yang diwariskan kepada rakyat Indonesia.

Lebih lanjut Bupati Ridwan Zakariah mengajak masyarakat Kabupaten Butur untuk menjaga serta mengisi kemerdekaan ini sesuai amanat proklamasi yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Mengisi kemerdekaan sebagai bentuk manifestasi nilai-nilai perjuangan para pendiri bangsa, dengan cita-cita yang luhur mewujudkan kejayaan Indonesia.

“Sekalipun Buton Utara diusianya yang ke-15 tahun ini, namun telah banyak upaya yang dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, walaupun masih banyak pekerjaan rumah yang perlu kita selesaikan saat ini dan masa yang akan datang,” ungkap Ridwan Zakariah.

“Selama dua tahun terakhir kondisi kiya dilanda pandemi, mengharuskan kita untuk kembali bahu-membahu, saling menguatkan dan bangkit kembali membangun daerah kita tercinta. Dimana hal ini sejalan dengan tema atau tag line peringatan HUT Proklamasi Ke-77 Tahun ini yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” lanjut Ridwan Zakariah.

Dalam kesempatan ini juga Ridwan Zakariah mengajak semua elemen masyarakat, untuk bersinergi mewujudkan visi dan misi Kabupaten Butur sebagaimana telah tertuang dalam RPJMD Tahun 2022-2026.

Adapun beberapa hal yang menjadi perhatian adalah peningkatan sumber daya manusia, mengentaskan angka kemiskinan, peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan angka stunting, serta penurunan angka pengangguran dan penurunan angka gini rasio diatas angka normal.

Menurutnya, untuk mencapai target yang dicita-citakan tersebut tidak mudah, harus dibarengi dengan kebersamaan dalam membangun dan memanfaatkan segala potensi yang ada secara profesional.

Diakhir sambutannya, Ridwan Zakariah berterimakasih kepada anggota DPRD Kabupaten Butur atas kerjasamanya dalam membangun negeri tercinta Kabupaten Butur. Terimakasih pulah disampaikan kepada elemen masyarakat Butur yang telah berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Buton Utara, dengan penuh semangat kebersamaan dan persaudaraan.

baca juga: Wabup Butur Ahali Fokus Bantu Bupati Mengatur Pemerintahan di Buton Utara

Turut Hadir dalam rapat paripurna tersebut, Dandim 1429 Letkol Kav Khomarudin, ST., Wakapolres Butur Kompol Abdul Gani Sirait, Ketua Persit Chandra Kirana 1429 Butur, Wakil Ketua Bhayangkari Polres Butur, Tokoh masyarakat, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda, serta Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, KPU, Bawaslu, Perbankan, Camat dan Kepala Desa/Lurah Lingkup Butur.(*)