298834827 3195340607446768 3438791932521148106 n

Pewarta: Amat Jr

BAUBAU, BP-Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menghadiri penyerahan bantuan dari BNI Baubau ke pihak petugas makam di aula Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Kota Baubau, Senin (15/8/2022), memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan sebesar-besarnya kepada BNI Baubau untuk kesekian kalinya memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dengan memberikan bantuan baik itu bidang pendidikan maupun dengan bidang-bidang lainnya .

298834827 3195340607446768 3438791932521148106 n

Karena itu, ke depan tentunya akan bersama-sama membangun sebuah kerja sama yang saling menguntungkan untuk kepentingan daerah. Menurut Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse, bantuan yang diberikan kepada petugas makam tersebut tentu akan sangat bermanfaat sebab dengan hadirnya sarana dan prasarana bagi petugas makam maka penataan pekuburan yang beberapa kalangan menyoroti bahwa Pemkot Baubau tidak dapat mengurus dengan baik.

Hal ini memang bukan mengada-ada disebabkan tidak adanya kemampuan dikarenakan kekurangan anggaran sehingga upaya untuk berbenah di permukiman, di kuburan itu tidak tertata dengan baik, utamanya rumput yang masih tinggi. Sehingga diharapkan, karena itu masih juga bagian dari pelayanan Pemkot Baubau terhadap masyarakatnya haruslah mencoba untuk memberikan yang terbaik.

Apalagi itu, menjadi layanan terakhir Pemkot Baubau terhadap warganya.”Mereka selama ini sudah beraktivitas membantu kota, masa ketika mereka sudah mengakhiri pengabdiannya di dunia, Pemkot Baubau tidak memberikan perhatian. Paling tidak perhatiannya adalah kuburannya itu bersih, kuburannya itu tidak menakutkan, kuburannya itu layak diziarah.

Karena dengan semakin banyak orang yang berziarah, semakin seringnya orang berziarah itu akan segera terkirim doa-doa yang baik dan itu menjadi sebuah bantuan yang tidak terkira buat mereka. Karena beberapa hadist saya kira kita sudah pernah dengar bagaimana arwah beliau, arwah orang tua, arwah kerabat itu selalu sangat mendambakan kiriman-kiriman doa.

Agar kiriman-kiriman doanya itu bisa sering di sana ya fasilitas di kuburan itu kita perbaiki, jalannya juga tadi kita sudah dengar sudah diperbaiki, penataannya. Ya kita belajar lah dari bagaimana daerah-daerah lain. Bahkan kalau diluar negeri. Kuburan nya itu menjadi tempat wisata.

“Kalau kita juga bisa seperti itu paling tidak dengan bersihnya kuburan kita mengingat akan singkatnya kehidupan. Dan biasanya orang yang selalu ingat akan kematiannya, biasanya akan selalu berhati-hati. Olehnya itu maka kuburan jangan ditakuti, jangan di hindari, tapi kuburan selalu direnungkan, maka kita yang hidup diberikan tanggung jawab untuk mengaturnya, mari kita sama-sama benahi,”katanya.

La Ode Ahmad Monianse berharap dukungan dari BNI akan terus diterapkan pada jalan-jalan selanjutnya sehingga Pemkot Baubau juga akan terus berpikir bagaimana agar hubungan antara Pemkot Baubau dengan Bank Nasional dan Bank Daerah di Baubau ini berjalan dengan baik dan kegiatan seperti ini juga selalu hadir untuk melengkapi kekurangan, melengkapi ketidaksediaan anggaran dari Pemkot Baubau untuk hal-hal yang seperti ini.

Kemudian, kepada penerima bantuan agar menjaga dengan baik bantuan tersebut supaya berkelanjutan dan BNI akan meluangkan lagi rezekinya untuk hal-hal lain termaksud percepatan perluasan digitalisasi daerah sehingga banyak sekali dinas-dinas yang telah bekerja sama utamanya dinas yang ada kaitannya dengan pendapatan daerah.

Apalagi, sekarang bayar pajak atau bayar sesuatu sudah digitalisasi dan ini kalau dari sisi pendapatan daerah menjadi salah satu cara untuk mengamankan pendapatan karena orang akan membayar pajak dan retribusi daerah dengan online dan digital serta kemungkinan orang untuk menguapkan pendapatan daerah akan semakin kecil.

baca juga: Walikota La Ode Ahmad Monianse Kukuhkan Paskibra Baubau Tahun 2022

Kemudian wujud dan upaya Pemkot Baubau untuk mendekatkan pelayanan karena dengan membayar kewajiban seperti pajak dan retribusi tidak lagi menggunakan loket tapi menggunakn smartphone dan bisa membayar kewajiban. Ini adalah bagian dari upaya dari BNI dalam hal mendukung layanan maksimal Pemkot Baubau untuk masyarakatnya.(*)