F01.8

Pewarta: Alyakin

BAUBAU, BP – Untuk mewujudkan visi kepemimpinan tampil manis di negeri khalifatul khamis, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Baubau berupaya mengurangi pengeluaran ekonomi serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satunya dibukanya lapangan kerja seluas-luasnya.

F01.8
Kadisnaker Baubau Moh Abduh

Kepala Disnaker Moh Abduh ditemui Baubau Post di ruang kerjanya Kamis pagi (18/08/2022) mengatakan program prioritas Disnaker adalah membuka lapangan kerja sesuai visi kepemimpinan tampil manis mensejaterahkan masyarakat.

“Ada dua, pertama meningkatkan pendapatan masyarakat, kedua mengurangi pengeluaran masyarakat. Sehingga daya beli masyarakat dia meningkat, tambah kemampuan ekonomis masyarakat,” katanya.

Dibukanya lapangan kerja diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan, sebab ekonomi masyarakat menurun pasca pandemi Covid-19. Olehnya itu,
Moh Abduh bakal membuka lapangan kerja dalam waktu tidak lama ini.

Ia juga terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menyiapkan infrastruktur sarana dan prasarananya, hingga memberikan kesempatan orang kerja. Sementara untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas masyarakat, pihaknya akan mengadakan pelatihan kerja.

Untuk mencapai itu, Moh Abdul melakukan hubungan baik dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kendari. Alhasil, kerjasama yang dilakukan berbuah manis. Pasalnya, BLK Kota Kendari memberikan ruang terhadap Disnaker Baubau untuk meningkatkan keterampilan, kapasitas masyarakat Baubau. Bahkan diharapkan dapat melayani daerah tetangga.

“Syukur alhamdulillah, kita sudah dibangunkan BLK, tapi belum ada kantornya, Kantor BLK Baubau, kita harapkan BLK bisa menjadi satu pusat perkembangan kapasitas tenaga kerja yang ada di Baubau dan sekitarnya,” katanya.

“Kalau perlu yang kita Layani jangan hanya Baubau tapi dengan sekitarnya. Sehingga Baubau itu melayani bertindak sebagai lokomotif pengembangan perekonomian di kawasan Baubau dan daerah lainnya,” kata Moh Abduh mengulangi.

baca juga: Merasa Malu, Orang Tua Siswa Berhentikan Anaknya di SMK Negeri 1 Baubau

Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Baubau naik 4 persen di atas nasional maupun regional, yang awalnya minus. Terus angka kemiskinan yang secara nasional masih dua digit, Baubau berada pada satu digit yaitu kisaran tujuh persen lebih. “Yang kita harapkan angka kemiskinan makin lama makin menurun, terus pertumbuhan ekonomi makin bagus, salah satunya pembukaan lapangan kerja,” katanya (*)