F04.3 2

Peliput : Kasrun

BURANGA, BP – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buton Utara (Butur), Ahali membuka pelatihan pendahulu bela negara tingkat pelajaran Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) / Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Hotel Wasilomata, Kamis, 25 Agustus 2022.

F04.3 2

Dalam sambutannya Wabup Butur mengatakan, Pemda menyambut baik dengan diadakannya Pelatihan Pendahuluan Bela Negara. Semoga dapat memperoleh manfaat yang positif bagi terciptanya siswa-siswi yang cinta akan tanah air dan rela berkorban untuk menjaga keutuhan daerahnya dan bangsanya.

“Setiap bangsa didunia ini memiliki cara pandang terhadap kebangsaan dan tanah airnya masing-masing, dan cara pandang terhadap kebangsaannya itu kemudian disebut sebagai karakter Bangsa. Dimana Bangsa Indonesia mempunyai karakter Bangsa sendiri sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila”, tutur Ahali.

Ahali mengikatkan, kepada seluruh peserta agar memahami secara mendalam terkait materi tentang bela negara tersebut. Guna menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa.

Lebih lanjut mantan Kasat Reskrim Polres Wakatobi itu, mengungkapkan, bela negara dan karakter bangsa menjadi penting untuk ditanamkan kepada setiap warga negara Indonesia, khususnya pada pelajar.

“Perlu juga kiranya disosialisasikan, segenap lapisan masyarakat secara terus menerus, bukan sekedar menjadi sebuah gerakan sesaat, tetapi harus diupayakan secara berkesinambunga”, ungkapannya.

baca juga: Wabup Butur Ahali Hadiri Malam Ramah Tama HUT RI 77 Tingkat Kecamatan Kulisusu

Dikesempatan itu juga, Ahali mengatakan pelatihan tersebut sangat berguna untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa. Sehingga Pemerintah Buton Utara menghimbau para tokoh agama, tokoh adat dan organisasi-organisasi kemasyarakatan dan para pelajar untuk saling bekerja sama dan meningkatkan kepedulian.

“Hilangkan segala perbedaan, marilah kita secara bersama-sama membangun daerah ini”, tutupnya.(*)