F04.1 2

Laporan: Hengky TA

BUTENG, BP-Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Dany Budiyanto menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-114 Tahun 2022 Kodim 1413 Buton di lapangan Wakutodi Desa Matawine Kec. Lakudo, Rabu (24/08/2022).

F04.1 2


Upacara penutupan TMMD di hadiri Pj. Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup, SE, M.Si, Dandim 1413 Buton, Letkol ARM.Mohammad Faozan, Kapolres Baubau, AKBP. Erwin Pratomo SIk, Kasi Ter Korem 143 Haluoleo, Kol.Inf.Nanang Prianggodo , Sekda Buton Tengah, H.Kostantinus Bukide, SH, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kab.Buton Tengah, Suharman, S.Pd, M.Si, Kepala OPD,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat danTokoh Pemuda.
Dalam amanatnya, Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Dany Budiyanto menyampaikan upacara penutupan ini menandai berakhirnya program TMMD ke -114 di Buton Tengah, yang kurang lebih satu bulan para prajurit, pemerintah daerah dan masyarakat bahu membahu menyelesaikan program TMMD. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif, dalam mengatasi permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayahnya. Oleh karena itu sebagai Kepala Staf Angkatan darat dan selaku penanggung jawab operasional TMMD menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan material sehingga kegiatan TMMD ke-114 dapat terselenggara dengan aman dan lancar.
“Harapan Saya kegiatan TMMD dijadikan momentum untuk meningkatkan semangat Kebersamaan dan gotong royong serta semangat kemanunggalan TNI dan rakyat dalam mengakselerasi arah dalam mempercepat program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat”, ungkapnya.
Program TMMD ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan ABRI masuk desa. Setelah melalui evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pada program TMMD kali ini dilaksanakan di wilayah Buton Tengah, telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya pembukaan dan pengerasan jalan, pembuatan rumah tidak layak huni menjadi layak huni, pembangunan deucker dan pembangunan MCK. Pembangunan fisik di imbangi dengan pembangunan sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat berupa penyuluhan medsos, penyuluhanan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian, penyuluhan kwasbang, penyuluhan pos pindo penyakit tidak menular.

baca juga: Permintaan Mentri, Pameran UMKM se-Sultra di Buteng Diundur Bulan September
Di akhir amanatnya, Kasdam XIV Hasanuddin menyampaikan beberapa atensi dan harapan perlu di sampaikan sebagai tindak lanjut lanjut dari program TMMD ke-114 : 1. Pelihara terus semangat Kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprofakasi 2. Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina baik selama ini 3. Pelihara hasil kegiatan TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang 4. Kepada para Dan Satgas TMMD ke-114 dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan perbaikan pada TMMD mendatang 5. Kepada para prajurit yang bergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini kembali ke pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan dalam perjalanan.(*)