WhatsApp Image 2022 09 11 at 13.57.48

Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menyelenggarakan semarak kemerdekaan Koperasi dan UKM dengan menghadirkan Mentri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) RI, Teten Masduki.

WhatsApp Image 2022 09 11 at 13.57.48

Kehadiran Teten Masduki sekaligus membuka secara resmi pameran expo koperasi dan UMKM Buteng, yang diselenggaran di Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Sabtu (11/09/2022)

Dalam kunjungannya tersebut, MenkopUKM Teten Masduki melakukan survei ke beberapa Desa di Kecamatan Mawasangka, lokasi yang menjadi pusat pelaku usaha mikro dan menengah, mulai dari pusat usaha ikan teri di Desa Waburense, pusat penangkaran lobster di Desa Wakambangura, kampung tenun di Desa Gumanano,

Selain itu, MenkopUKM juga Dialog Optimalisasi Koperasi dan UMKM dalam pengembangan sektor pangan dan pariwisata Buteng di Pantai Mutiara, hingga mengunjungi lokasi usaha jambu mete yang ada di Desa Mone, Kecamatan Lakudo.

Menurut Teten Masduki, Butebg sebagai daerah yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, memiliki beberapa sektor yang bisa dijadikan untuk pengembangan usaha mikro dan menengah, diantaranya sektor kelautan dan sektor pariwisata.

Kemudian, destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Buteng mulai dari gua hingga laut dan destinasi wisata budaya hingga fashion dari kain tenun punya potensi besar untuk dikembangkan.

“Buteng menyimpan potensi pariwisata kelas dunia. Namun potensi besar itu belum dikelola dengan baik sebagai kekuatan ekonomi,” jelasnya saat dikonfirmasi usai membuka pameran expo koperasi dan UMKM di Buteng.

Lanjutnya, Buteng memiliki sumberdaya laut yang menyimpan potensi luar biasa. Ikan teri, rumput laut dan lobster yang ia sudah datangi, ia melihat market yang sangat bagus. Untuk itu, menurutnya perlu adanya perencanaan yang tepat sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian dari kolaborasi pariwisata berbasis koperasi.

“Saya, Gubernur Sultra dan Pj Bupati Buteng, sudah berkomitmen untuk kita kembangkan. Kami optimis dengan elevasinya lewat pariwisata bisa mendorong pertumbuhan UMKM di Buteng. Kita perkuat koperasi-koperasi. Asalkan ini menjadi kebijakan prioritas pemerintah daerah, saya yakin ini bisa cepat terwujud,” ungkapnya.

baca juga: DKP Buteng Dapat DAK Rp 2 Miliar untuk Tingkatkan Produksi Rumput Laut

Selain itu, MenkopUKM bukan cuma mendorong kemandirian UMKM di sektor pariwisata, akan tetapi bisa juga diaplikasikan kepada para nelayan. Dimana, nanti ada SPBU solar khusus untuk koperasi nelayan. Kemudian, pihaknya juga fokus mendorong UMKM miliki bisnis plan.

“Jadi ke depan tidak lagi bantuan-bantuan, karena seluruh pembiayaan akan disalurkan lewat PNM dengan program Mekar dan KUR, kita dorong ke sana. Jadi para kepala dinas harus menyiapkan UMKM kita,” tutupnya.(*)